4 Bahaya yang Terjadi Ketika Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Kamis, 17 Maret 2022 - 19:15 WIB
loading...
4 Bahaya yang Terjadi Ketika Meninggalkan Anak di Dalam Mobil
Meninggalkan buah hati di dalam mobil dengan kaca tertutup dan pintu terkunci akan sangat membahayakan. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Para orang tua jangan sekali-kali meninggalkan buah hati tanpa pengawasan, meski itu di dalam mobil sekalipun.

Memang meninggalkan anak-anak di dalam mobil terkesan aman. Mungkin ada yang berpendapat, apa bahayanya meninggalkan anak-anak untuk ke ATM yang 2-3 menit saja.

Ternyata ada bahaya yang mengancam. Agar dapat terhindar dan sebelum timbul penyesalan, berikut beberapa alasan orang tua tidak boleh meninggalkan anak sendirian di dalam mobil, diolah dari laman Auto2000:

1. Dehidrasi dan susah bernapas
Meninggalkan buah hati di dalam mobil dengan kaca tertutup dan pintu terkunci akan sangat membahayakan apalagi jika dilakukan saat cuaca di luar panas karena anak akan merasa kepanasan dan dehidrasi.

Yang tidak kalah penting, karena berada di ruang tertutup, anak juga akan mengalami kesulitan bernapas. Kondisinya akan semakin menyulitkan jika anak merasa gelisah karena ditinggal sendirian.



2. Keracunan
4 Bahaya yang Terjadi Ketika Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

Anak bisa keracunan gas buang kendaraan Carbon Monoksida (CO) yang tidak terlihat oleh mata dan tidak meninggalkan bau. Keracunan bisa saja terjadi di saat mobil sedang berhenti dan AC menyala.

Gejala keracunan gas ini sulit disadari, seperti badan lemas, mengantuk, sakit kepala, mual, muntah, sakit pada dada dan seperti berhalusinasi. Akibat fatal ini bisa terjadi hanya dalam beberapa menit.

3. Anak memainkan tombol pada mobil
Hal lain yang dikhawatirkan dari meninggalkan anak di dalam mobil adalah keinginan mereka untuk bermain dengan fitur yang ada di dalam mobil. Sangat berbahaya jika anak bermain dengan fitur mobil.

Anak bisa membuka Power Window. Bahkan tidak menutup kemungkinan sampai berhasil memindahkan tuas transmisi dan menginjak pedal gas padahal mesin mobil dinyalakan karena AC harus beroperasi.

4. Risiko kejahatan
Buah hati yang ditinggal sendirian di dalam mobil sangat rawan menjadi korban kejahatan. Mereka bisa saja menjadi korban penculikan anak.

Selain itu, penjahat juga bisa saja mengambil barang yang ada pada mobil dengan mudahnya. Terlebih jika kondisi mobil menyala, penjahat akan dengan mudah merampas mobil Anda.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2132 seconds (0.1#10.140)