Berapa Biaya Konversi ke Motor Listrik? Ini Rinciannya

Senin, 21 Maret 2022 - 17:05 WIB
loading...
Berapa Biaya Konversi ke Motor Listrik? Ini Rinciannya
Biaya konversi ke motor listrik ternyata tidak semahal yang dibayangkan. Foto/dok
A A A
JAKARTA - Biaya konversi ke motor listrik ternyata tidak semahal yang dibayangkan. Hanya dengan modal sekitatr Rp10 juta, Anda sudah bisa memiliki motor listrik yang dibangun dari motor berbahan bakar minyak bumi.

Motor listrik kini menjadi tipe kendaraan yang dilirik banyak orang. Selain ramah lingkungan, motor listrik juga memiliki banyak fungsi.

Satu hal yang mencegah banyak orang mengkonversi motor BBM mereka ke motor listrik adalah soal biaya. Tentunya, sebagai jenis barang baru, masih banyak angka yang simpang-siur soal konversi motor listrik ini.



Padahal untuk konversi ke motor listrik juga tidak mahal, Menteri ESDM Arifin Tasrif sempat menyebutkan bahwa konversi ke motor listrik bisa menyentuh Rp10 juta saja.

Angka itu Dia sebutkan lewat acara peluncuran Program Konversi Sepeda Motor BBM ke Listrik beberapa waktu lalu. “Lumayan bagus masuk bengkel butut tapi keluar masih mulus,” ucapnya.

Demi konversi ke motor listrik sendiri, ada beberapa komponen penting yang harus dibeli untuk menggantikan beberapa komponen yang sudah ada di motor. Beberapa komponen tersebut adalah baterai, motor penggerak, dan juga control module.



Komponen yang disebut di atas lah yang membuat konversi ke motor listrik masih menjadi pertimbangan besar untuk banyak orang. Untuk membeli baterai saja, pengendara masih harus merogoh kocek sekurang-kurangnya Rp4 juta untuk jenis barang yang paling murah.

Sedangkan motor penggerak, yang diketahui terbagi menjadi dua jenis, biasanya dibanderol hingga mencapai harga belasan juta rupiah tergantung daya yang dibutuhkan. Paling murah, peminat motor listrik harus membayar Rp2,9 juta untuk penggerak model hub dengan daya 1.000 watt.
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1951 seconds (0.1#10.140)