Kenali 4 Cara Merawat Gear dan Rantai Motor Agar Tetap Awet

Selasa, 22 Maret 2022 - 17:01 WIB
loading...
Kenali 4 Cara Merawat Gear dan Rantai Motor Agar Tetap Awet
Gear dan rantai motor perlu perawatan khusus agar tetap awet. Foto: dok Suzuki Ind
A A A
JAKARTA - Cara merawat gear dan rantai motor dapat dilakukan dengan mudah untuk menjaga kualitas dan masa pakai dari gear dan rantai motor.
Gear dan rantai merupakan komponen penting yang harus dijaga, karena memiliki fungsi penting bagi motor.

Dalam hal ini, gear dan rantai pada motor berguna untuk menyalurkan tenaga dari mesin motor ke bagian roda atau ban. Selain itu, gear dan rantai juga berguna sebagai alat penyelaras perputaran dan penggerak ban motor.

Bagi pemilik kendaraan, untuk menjaga gear dan rantai pada motor tetap awet dan tahan lama, kedua komponen tersebut harus selalu mendapat perhatian lebih.



Dilansir dari laman Suzuki, berikut beberapa cara merawat gear dan rantai motor agar tetap awet:

1. Membersihkan Gear dan Rantai Motor Secara Rutin
Cara merawat gear dan rantai motor yang pertama adalah sering membersihkan bagian gear dan rantai pada motor. Dalam hal ini, kebersihan pada gear dan rantai cukup berpengaruh pada masa pakai gear dan rantai tersebut.

Pada penggunaan motor, gear dan rantai akan sering terkena debu atau kotoran yang menempel.

Hal ini harus diperhatikan bagi pemilik kendaraan, karena rantai dan gear yang dibiarkan kotor bisa menyebabkan korosi dan membuat gear dan rantai terkikis secara perlahan serta bisa putus sewaktu-waktu.

Pemilik kendaraan harus rutin membersihkan gear dan rantai motor secara berkala, minimal satu bulan sekali. Pembersihan bisa dilakukan dengan menggunakan air dan sabun, setelah itu berikan kembali pelumas untuk gear dan rantai pada motor.

2. Rutin Memberi Pelumas pada Gear dan Rantai Motor
Cara merawat gear dan rantai motor yang berikutnya adalah rutin memberikan pelumas pada gear dan rantai motor. Cara ini termudah dan sudah teruji efektif.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2146 seconds (0.1#10.140)