Ban Belakang Motor Lebih Cepat Botak, Ternyata Ini Penyebabnya

Jum'at, 25 Maret 2022 - 16:05 WIB
loading...
Ban Belakang Motor Lebih Cepat Botak, Ternyata Ini Penyebabnya
Ban belakang motor sering ditemui lebih cepat botak daripada ban depan, ternyata ini alasannya. Foto/iNews.id
A A A
JAKARTA - Ban belakang motor sering ditemui lebih cepat botak daripada ban depan. Ternyata ada beberapa alasan kenapa ban belakang lebih cepat botak, salah satunya adalah beban tumpu lebih besar dari ban depan.

Ban merupakan salah satu komponen penting pada motor yang menunjang kenyamanan saat berkendara. Jadi, pengendara harus selalu memperhatikan kondisi ban motornya agar bisa tetap nyaman saat berkendara.

Motor yang memiliki intensitas penggunaan lebih sering akan membuat komponen ban motor bekerja lebih keras dibandingkan motor yang jarang dipakai.

Kondisi ban motor yang sering digunakan membuatnya lebih cepat halus dan botak. Namun, salah satu hal unik yang muncul apabila diperhatikan adalah fakta bahwa ban belakang motor akan lebih cepat gundul daripada ban depannya.



Lantas, hal apa yang menyebabkan ban belakang motor menjadi lebih cepat gundul daripada ban depan motor? Dihimpun dari berbagai sumber, berikut penyebab ban belakang motor lebih cepat botak dibanding ban depan:

1. Beban Lebih Besar

Penyebab pertama ban belakang motor lebih cepat gundul dibanding ban depan adalah karena beban yang diterima ban belakang lebih besar. Karena sepeda motor umumnya lebih condong ke arah belakang, sehingga membuat beban yang lebih besar bagi ban belakang dan membuatnya cepat terkikis dan gundul.

Alasan tersebut belum termasuk apabila pengendara membawa barang atau membonceng teman. Otomatis beban ban belakang akan semakin besar.

2. Fungsi Sebagai Ban Penggerak
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1049 seconds (0.1#10.140)