Power Window Macet, Jangan Kaget Ini Cara Mengatasi dan Penyebabnya

Senin, 04 April 2022 - 18:00 WIB
loading...
Power Window Macet, Jangan Kaget Ini Cara Mengatasi dan Penyebabnya
Power window macet merupakan hal yang kerap dialami pemilik mobil. Foto/IST
A A A
JAKARTA - Power window macet kerap bikin kaget pemilik mobil. Pasalnya kerusakan itu tidak didahului oleh tanda-tanda atau gejala tertentu. Tiba-tiba saja kaca jendela mobil Anda tidak bisa digunakan sesuai keinginan.

Diketahui power Window merupakan sebuah komponen pada mobil yang berguna untuk membuka dan menutup jendela mobil secara otomatis. Caranya tentu dengan menekan tombol yang disediakan. Saking praktisnya, power window hampir selalu ada pada tipe mobil-mobil modern saat ini.

Namun, power window ternyata bisa saja mengalami kerusakan. Apalagi kerusakan itu tanpa ditandai oleh gejala atau tanda-tanda tertentu. Maka dari itu, pemilik kendaraan harus tau penyebab yang bisa menyebabkan power window macet beserta dengan cara yang tepat untuk mengatasinya.



Dilansir dari situs Suzuki, berikut beberapa penyebab power window macet dan cara tepat untuk mengatasinya.

1. Komponen Penggerak Sudah Aus
Power Window Macet, Jangan Kaget Ini Cara Mengatasi dan Penyebabnya


Penyebab pertama dari power window macet adalah komponen penggerak power window yang sudah aus. Pada komponen power window, ada sebuah penggerak berupa motor listrik. Sama halnya dengan komponen lain, motor listrik ini juga bisa mengalami keausan seiring dengan bertambahnya intensitas pemakaian.

Brush atau sikat motor adalah bagian yang sering mengalami kerusakan. Brush ini berguna sebagai penyalur arus listrik sumber asalnya ke rotor motor yang berputar.

Kondisi rotor motor yang terus berputar ini akan membuatnya terus bergesekan dengan brush, sehingga bisa mengakibatkan keausan pada komponen tersebut dan menjadi penyebab arus listrik tidak tersalurkan dengan baik. Hasilnya adalah komponen tersebut macet dan kaca mobil tidak bisa digerakan.

Cara mengatasinya adalah pemilik kendaraan harus mengganti komponen brush yang sudah aus tersebut agar bisa berfungsi normal seperti sedia kala.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3677 seconds (0.1#10.140)