Perbedaan Overhaul dan Tune Up Mesin Biar Tak Gagal Paham

Senin, 04 April 2022 - 19:08 WIB
loading...
Perbedaan Overhaul dan Tune Up Mesin Biar Tak Gagal Paham
Perbedaan Overhaul dan Tune Up Mesin. FOTO/ IST
A A A
JAKARTA - Perbedaan overhaul dan tune up mesin adalah istilah turun mesin atau proses membongkar mesin yang sering salah diartikan. Memiliki sebuah mobil tentunya harus disertai dengan pemahaman terhadap cara perawatannya.

Beberapa dari Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah overhaul mesin yang biasa dilakukan pada mobil atau yang lebih sering disebut dengan istilah turun mesin pada mobil.


Apabila Anda memiliki mobil yang usianya sudah cukup lama, ada baiknya melakukan overhaul secara rutin. Lalu apa perbedaannya dengan tune up?

Seperti dilansir dari seitus resmi Suzuki, berikut penjelasan terkait overhaul yang perlu Anda ketahui serta perbedaannya dengan tune up.

Overhaul atau yang lebih dikenal dengan istilah turun mesin adalah proses dalam membongkar mesin yang bermasalah agar dapat diperiksa dengan lebih teliti. Dalam overhaul juga dilakukan penggantian terhadap komponen-komponen mesin yang bermasalah.

Overhaul adalah service berat yang dilakukan pada mesin mobil Anda apabila mengalami kerusakan karena dipakai dalam jangka waktu cukup lama. Dari arti overhaul tersebut dapat disimpulkan bahwa service berat ini perlu dilakukan apabila terdapat kerusakan pada bagian dalam mesin mobil.

Pada saat melakukan overhaul pada mesin kendaraan Anda ada beberapa hal yang perlu dilakukan. Hal yang pertama adalah membongkar dan memperbaiki komponen yang rusak pada mesin. Mengganti serta memasang kembali komponen dengan cara yang tepat juga hal yang harus dilakukan saat overhaul

Berdasarkan pengertian overhaul tersebut, Anda tidak dianjurkan untuk melakukannya dengan cara sembarangan. Menganalisa dan memperhatikan kondisi mobil juga perlu dilakukan sebelum melakukan overhaul agar penanganannya dapat disesuaikan dengan gejala yang ditimbulkan.

Perbedaan overhaul dan tune up mesin di atas adalah proses perawatan mesin kendaraan yang harus kamu bedakan penanganananya.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1598 seconds (0.1#10.140)