Gejala Rack Steer Rusak, Bisa Ancam Keselamatan

Rabu, 06 April 2022 - 17:32 WIB
loading...
Gejala Rack Steer Rusak, Bisa Ancam Keselamatan
Rack Sterr adalah komponen yang cukup mahal dan berfungsi sebagai penghubung antara kemudi dengan roda serta suspensi yang termasuk bagian dari kaki-kaki mobil. Foto/Suzuki
A A A
JAKARTA - Bagi pemilik kendaraan harus memahami gejala rack steer rusak sebelum mengalami kerusakan lebih jauh. Apabila mengalami kerusakan parah, bukan hanya membuat kantong jebol, tetapi juga mengancam keselamatan .

Rack Steer adalah komponen yang cukup mahal dan berfungsi sebagai penghubung antara kemudi dengan roda serta suspensi yang termasuk bagian dari kaki-kaki mobil. Artinya, apabila rack steer rusak, kehilangan kendali akan terjadi dan otomatis mempermudah terjadinya kecelakaan.

Lalu bagaimana mengenali gejala rack steer rusak, berikut rangkumanya seerti dikutip suzuki :

1. Kendali pengemudi Bergetar
Gejala rack steer rusak itu bisa dikenali dari steer atau kendali pengemudi dengan membelokan ke kanan ataupun ke kiri. Apabila saat dibelokan terasa getar, atau oblak, bisa dipastikan rack steer mengalami gejala rusak.

2. Timbul Suara di Bagian Roda
Cara mengenali gejala rack steer rusak selanjutnya adalah dari suara bagian roda depan. Apabila timbul suara memekik atau berdengung saat berada dalam kecepatan rendah, segera bawa ke bengkel karena bisa dipastikan rack steer bermasalah.

3. Kebocoran pada Seal
Bagi mobil yang belum menggunakan sistem Electronic Power Steering (EPS), gejala rack steer rusak bisa terlihat dari rembesan oli pada bagian seal.

4. Steer Terasa Berat ketika Dibelokkan
Apabila steer dalam keadaan lurus tetapi tetap berbelok dan ketika dibelokan terasa berat, itu merupakan gejalan rack steer rusak.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1591 seconds (0.1#10.140)