Ini Fungsi dan Manfaat Faktur Kendaraan Bermotor, Simpan dengan Baik

Kamis, 07 April 2022 - 13:11 WIB
loading...
Ini Fungsi dan Manfaat Faktur Kendaraan Bermotor, Simpan dengan Baik
Faktur kendaraan bermotor umumnya berisi tentang informasi atau data dari kendaraan tersebut, seperti nomor rangka, nomor mesin kendaraan, hingga nama pembeli kendaraan. Foto/Carro
A A A
JAKARTA - Faktur Kendaraan bermotor biasanya didapatkan pemilik kendaraan setelah membeli kendaraan . Faktur kendaraan bermotor tersebut merupakan dokumen penting yang harus disimpan dengan aman dan benar.

Dilansir Auto2000, faktur kendaraan bermotor umumnya berisi tentang informasi atau data dari kendaraan tersebut, seperti nomor rangka, nomor mesin kendaraan, hingga nama pembeli kendaraan. Faktur kendaraan bermotor ini akan diberikan oleh pihak dealer terkait setelah pembeli menyelesaikan proses pembelian dan pembayaran kendaraan tersebut.

Faktur kendaraan bermotor ini biasanya akan dicetak sebanyak empat rangkap. Masing-masing faktur diberikan dua rangkap untuk samsat kepolisian sebagai data untuk proses pembuatan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB), satu rangkap untuk arsip dealer, dan satu rangkap terakhir untuk pembeli kendaraan.



Lantas, apa sebenarnya fungsi dan manfaat faktur kendaraan bermotor yang membuatnya sangat penting untuk disimpan? Berikut beberapa fungsi dan manfaat faktur kendaraan bermotor yang perlu pemilik kendaraan ketahui:

1. Bukti Legalitas Kendaraan
Faktur kendaraan bermotor akan menjadi bukti bahwa kendaraan yang dimiliki sepenuhnya legal dan resmi. Hal ini akan sangat berguna ketika pemilik kendaraan hendak menjual kendaraannya tersebut ke orang lain.

Faktur kendaraan bermotor ini akan menjadi bukti bahwa kendaraan yang anda jual tersebut legal. Karena tak jarang juga beberapa orang akan merasa ragu ketika penjual kendaraan tidak bisa menunjukan faktur kendaraan bermotor ini, jadi sebagai pemilik kendaraan, bijaklah untuk menyimpan faktur kendaraan tersebut dengan aman.

2. Bukti Pembelian Kendaraan
Faktur kendaraan bermotor adalah bukti pembelian kendaraan yang anda lakukan. Dalam hal ini, faktur kendaraan bermotor bisa diibaratkan juga sebagai struk yang diberikan kasir ketika anda membeli barang.

Faktur kendaraan bermotor merupakan dokumen yang bersifat resmi yang diberikan pihak dealer terkait setelah anda menyelesaikan proses pembelian kendaraan. Maka dari itu, faktur ini sangatlah penting sehingga pemilik kendaraan harus menyimpannya dengan aman dan jangan sampai hilang.

3. Bukti untuk Pengajuan Kredit Mobil Bekas
Seiring perkembangan zaman, saat ini tersedia proses kredit untuk penjualan mobil bekas yang didukung sebuah perusahaan pembiayaan atau multifinance. Dalam hal ini, apabila anda sebagai pemilik kendaraan ingin mengajukan penjualan mobil bekas secara kredit kepada perusahaan pembiayaan, pihak mereka akan menanyakan faktur kendaraan bermotor dari kendaraan tersebut.



Kehilangan faktur kendaraan bermotor bisa membuat pengajuan kredit penjualan mobil bekas anda gagal dan tidak disetujui perusahaan pembiayaan tersebut. Demikian beberapa fungsi dan manfaat dari faktur kendaraan bermotor yang membuatnya sangat penting untuk disimpan dengan aman. Walaupun terlihat sepele, namun pemilik kendaraan tetap harus menjaganya dengan baik agar tidak terjadi masalah suatu hari nanti. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan anda.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4397 seconds (0.1#10.140)