Tips Memilih dan Merawat Ban Sepeda Motor

Jum'at, 08 April 2022 - 18:05 WIB
loading...
Tips Memilih dan Merawat Ban Sepeda Motor
Memilih ban motor sangat penting dan berdampak besar terhadap keseharian. Foto: dok Yamaha Indonesia
A A A
JAKARTA - Ban adalah komponen penting sepeda motor yang perannya untuk meningkatkan traksi roda pada jalanan, juga meredam getaran ketika berkendara.

Ban juga bersentuhan langsung dengan jalan sehingga memiliki peran penting. ”Keberadaan dan fungsi ban sangat penting dalam melancarkan aktivitas berkendara. Untuk itu, perlu dipahami juga mengenai peran ban serta cara memilih ban sepeda motor,” ungkap Muslian, Manager After Sales Main Dealer Yamaha PT Thamrin Brothers (Sumatera Selatan & Bengkulu).

Menurut Muslian, fungsi dari ban sepeda motor beragam. Pertama, untuk menahan beban motor, pengendara dan yang dibonceng. Kedua, untuk memindahkan putaran menjadi gerakan maju dan mempunyai kemampuan menghentikan kendaraan.

Ketiga, kemampuan meredam getaran ketika kendaraan menerima momen saat berjalan. Dan yang terakhir adalah kemampuan menjaga dan merubah arah kendaraan.

Tips Memilih dan Merawat Ban Sepeda Motor

Berikut cara memilih ban sepeda motor:

1.Ban tubeless dan ban dalam (tube)
Ban tubeless tidak menggunakan ban dalam dan tidak mudah bocor saat terkena benda tajam. Sedangkan ban tube menggunakan ban dalam dan bisa digunakan pada velg Cast Wheel (CW) dan Spoke Wheel (SW).

2.Ban radial dan ban bias
Ban radial merupakan tipe ban yang menggunakan lapisan, sedangkan ban bias menggunakan lapisan dan bahan serat nilon.
Ban radial memiliki kontruksi kuat untuk grip, bobot ban lebih ringan, umur ban lebih panjang. Sedangkan ban bias kontruksi lebih kuat untuk menahan bobot yang berat, dinding ban lebih kuat.

3. Melihat kode ban (contoh : 150 / 70 R 17 M/C 69 V)
150 : lebar ban
70 : tinggi ban
R : jenis ban yaitu radial
17 : diameter velg ban
M/C : Motor Cycle diperuntukkan untuk sepeda motor
69 : batas maksimum namun bukan maksimal 69 kg berat yang bisa digunakan. Contoh 69 (Load Index) jadi 69 = beban bisa tahan mencapai 325 kg
V : informasi batas kecapatan maksimum. Contoh jika V = kecepatan 240 km/jam, ban itu bisa mampu menahan kecepatan motor tersebut

4. Tanda segitiga di dinding ban
Menunjukan keausan ban, jika kondisi ban sudah mepet ke tanda segitiga tersebut artinya ban tersebut sudah mengalami keausan dan wajib diganti.

Tips perawatan ban sepeda motor :
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1676 seconds (0.1#10.140)