Ini Mobil Terlaris di Rusia dan Ukraina, Ternyata Datang dari Korea

Senin, 11 April 2022 - 06:00 WIB
loading...
Ini Mobil Terlaris di Rusia dan Ukraina, Ternyata Datang dari Korea
KIA Rio (kiri) dan KIA Sportage merupakan mobil yang laris terjual di Rusia dan Ukraina. Foto/IST
A A A
RUSIA - Rusia dan Ukraina saat ini tengah berseteru. Menariknya kedua negara itu ternyata sama-sama menyukai mobil buatan Korea. Buat Rusia fakta itu mengejutkan karena mereka sendiri punya mobil nasional yakni dibuat oleh AvtoVAZ.

Pabrik AvtoVAZ bahkan sudah puluhan tahun menjual mobil-mobil buatan Rusia yakni Lada. Uniknya tahun 2021 lalu mobil yang terlaris justru datang dari Korea Selatan yakni KIA Rio.

Berdasarkan data yang dirilis Car Advice Australia, mobil buatan Korea Selatan itu terjual sebanyak 17.017 unit di 2021. Sedikit lebih banyak dibanding Lada Vesta yang ada di posisi dua dengan penjualan 16.281 unit dan Lada Granta di angka penjualan 15.719 unit.



Ini Mobil Terlaris di Rusia dan Ukraina, Ternyata Datang dari Korea


Di Ukraina mobil Korea Selatan, KIA Sportage juga jadi mobil favorit di 2021. Tahun lalu masyarakaty Ukraina membeli sebanyak 6.918 unit KIA Sportage.



Berbeda dengan Rusia yang masih punya mobil nasional, Ukraina masih mengandalkan mobil buatan luar negeri untuk memenuhi kebutuhan pasar domesti. Selain KIA Sportage dua mobil terlaris lainnya adalah Toyota RAV4 di angka penjualan 6.196 unit dan Renault Duster yang terjual di angka 5.354 unit.

Hanya saja penjualan mobil di kedua negara itu sepertinya akan semakin turun tahun ini akibat aksi invasi Rusia ke Ukraina. Berbagai pabrikan mobil di Rusia banyak yang berhenti beroperasi. Di Ukraina eskalasi perang yang terjadi hingga kini dipastikan meredam transaksi produk otomotif.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2570 seconds (0.1#10.140)