Gantikan Lithium Ion, Nissan Akan Gunakan Baterai All-Solid-State Mulai 2028

Minggu, 10 April 2022 - 22:05 WIB
loading...
Gantikan Lithium Ion, Nissan Akan Gunakan Baterai All-Solid-State Mulai 2028
Nissan mengungkapkan rencananya untuk memproduksi baterai all-solid-state yang akan digunakan dalam kendaraan listrik (EV) di masa mendatang. Foto/dok
A A A
TOKYO - Nissan mengungkapkan rencananya untuk memproduksi baterai all-solid-state yang akan digunakan dalam kendaraan listrik (EV) di masa mendatang. Baterai jenis solid-state nantinya akan menggantikan baterai lithium-ion yang digunakan saat ini.

Rencana besar tersebut akan dimulai dengan membangun jalur produksi percontohan di Pabrik Yokohama, Jepang pada tahun fiskal 2024. Setelah itu baru akan menghadirkan kendaraan listrik dengan baterai all-solid-state pertamanya pada 2028.

Seperti dilansir dari The Verge, Minggu (10/4/2022), baterai all-solid-state sendiri secara spesifikasi jauh lebih unggul dari baterai lithium-ion. Baterai ini dapat mengisi daya lebih cepat, menampung lebih banyak daya, dan memiliki daya tahan yang lebih awet.

BACA : Terlalu Berisik, Nissan GT-R Akhirnya Setop Jualan di Eropa

Dikatakan baterai all-solid-state dapat mengurangi harga paket baterai menjadi USD75 per kWh pada tahun 2028 dan akhirnya menjadi USD65 per kWh. Baterai akan membantu membuat EV jauh lebih terjangkau dan pada akhirnya menyamai harga mobil mesin.

Nissan mengungkap telah menggelontorkan dana sebesar USD17,6 miliar atau sekitar Rp252 triliun untuk mengembangkan baterai all-solid-state. Perusahaan akan bersaing dengan pabrikan mobil lainnya dalam menghadirkan baterai canggih ini.

BACA JUGA: Ilmuwan Temukan Jawaban Kenapa Kecoa Lebih Kuat dari Dinosaurus

Seperti diketahui, baterai all-solid-state juga tengah dikembangkan oleh QuantumScape yang didukung Volkswagen yang berencana untuk mulai menjualnya pada tahun 2024. Selain itu juga ada Ford yang akan menghadirkannya pada akhir dekade ini.

Toyota pun diketahui turut mengembangkan baterai all-solid-state. Rencana pengembangannya telah diumumkan beberapa tahun lalu dan digadang-gadang akan rampung dalam waktu dekat meskipun hingga saat ini belum ada tanda-tanda keberhasilan.
(ysw)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.0985 seconds (10.55#12.26)