Bidik Kelas Menengah, Harley-Davidson Siapkan Pan America dengan Mesin Lebih Kecil

Rabu, 13 April 2022 - 09:26 WIB
loading...
Bidik Kelas Menengah, Harley-Davidson Siapkan Pan America dengan Mesin Lebih Kecil
Harley-Davidson Pan America saat ini merupakan salah satu model paling laris buat Harley-Davidson. Foto/IST
A A A
JAKARTA - Harley-Davidson berupaya membidik kelas menengah dengan menghadirkan motor adventure Harley-Davidson Pan America baru yang mesinnya lebih kecil. Saat ini motor petualang itu memang dibekali dengan mesin Revolution Max V-Twin dengan kapasitas silinder 1.250 cc.

Untuk model kelas menengah itu, Harley-Davidson disebut-sebut akan menambah mesin baru dengan kapasitas silinder 950 cc. Hal itu terlihat dari situs resmi Harley-Davidson yang sudah merilis dua kode motor baru yaitu RA975 dan RA965S.

Disebutkan Car and Bike, kode RA merujuk pada Harley-Davidson Pan America. Pasalnya motor petualang bermesin besar itu memang memiliki kode yang identik yakni RA1250 dan RA1250S. Angka 1250 merujuk pada mesin Revolution Max V-Twin 1.250 cc. Jadi RA975 dan RA965S merupakan motor dengan mesin yang lebih kecil dibanding 1.250 cc.

Baca juga : Tidak Murah, Harga Apple Car Diprediksi Tembus Rp1,4 Miliar

Bidik Kelas Menengah, Harley-Davidson Siapkan Pan America dengan Mesin Lebih Kecil


Harley-Davidson memang merasa perlu untuk menghadirkan versi mesin lebih kecil dari Pan America. Pasalnya pasar motor petualang premium dengan mesin yang lebih kompak saat ini semakin berkembang.

Setidaknya saat ini ada dua motor premium yang ikut bertarung di segmen itu yakni Triumph dan BMW. Triumph baru saja merilis Triumph Tiger 900. Sebuah motor petualang versi kompak dari Triumph Tiger 1200. Begitu juga dengan BMW F 850 GS yang sangat kompak jika dibandingkan BMW R 1250 GS.

Harley-Davidson Pan America saat ini memang jadi fenomena buat pabrikan motor yang berbasis di Milwaukee, Amerika Serikat itu. Tahun lalu, penjualan Harley-Davidson Pan America diklaim telah berhasil melewati penjualan motor adventure buatan Jepang dan Eropa seperti Husqvarna, KTM, BMW, Ducati dan Honda. CEO Harley-Davidson, Jochen Zeitz megatakan alokasi Harley-Davidson Pan America untuk tahun 2021 justru telah ludes terjual.

Baca juga : Malaysia Larang Lepas Tangan di Mobil Otonom karena Seleb TikTok

"Mengambil inspirasi dari warisan kami, kami ingin membuat sepeda motor yang bisa mendefinisikan ulang kategori motor adventure. Dan yang paling penting motor itu dibuat di Amerika. Pan America sekarang menjadi model sepeda motor ADV terlaris nomor satu di Amerika Utara," ujar Johan Zeitz.

Diketahui Harley-Davidson Pan America hadir dalam dua varian yakni Harley-Davidson Pan America dan Harley-Davidson Pan America Special. Keduanya hadir dalam harga USD17.319 atau setara Rp241,4 juta dan USD19.999 atau setara Rp278,7 juta. Harga ini jauh lebih kompetitif dibandingkan Ducati Multistrada V4 yang varian standar dijual di USD19.995 atau setara Rp339 juta dan Ducati Multistrada V4 S Sport di harga USD26.095 setara Rp442,4 juta.
(wsb)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1817 seconds (11.97#12.26)