Bore Up Motor, Istilah, Kelebihan dan Kekurangan yang Perlu Anda Tahu

Kamis, 14 April 2022 - 17:00 WIB
loading...
Bore Up Motor, Istilah, Kelebihan dan Kekurangan yang Perlu Anda Tahu
Bore up motor bisa dilakukan oleh semua orang namun harus dipahami terlebih dulu konsekuensinya. Foto/DOK. Suzuki
A A A
JAKARTA - Bore up motor khususnya yang ada di bagian mesin merupakan cara yang paling banyak dilakukan pemilik motor untuk meningkatkan performa. Tidak heran jika istilah bore up sangat akrab di telinga para pemilik motor yang suka modifikasi khususnya yang fokus mengoprek mesin.

Beda dengan modifikasi tampilan yang lebih mengedepankan estetika motor, bore up merupakan cara memodifikasi kapasitas silinder motor. Dilansir dari situs Suzuki, Bore up merupakan proses perubahan atau modifikasi untuk meningkatkan diameter piston bawaan dari pabrik. Jadi, tujuan dari bore up memang untuk memperkuat tenaga motor.

Mau tidak mau, proses bore up akan membuat ukuran piston menjadi lebih besar. Diharapkan perubahan itu nantinya akan berpengaruh terhadap meningkatnya cc dari motor tersebut sesuai dengan keinginan pemiliknya.

Kemudian, pada prosesnya sendiri, mengubah diameter piston ini melibatkan banyak bagian. Jadi, apabila sudah dilakukan, maka kendaraan tidak bisa dikembalikan seperti versi pabrik. Dalam melakukan bore up, pemilik kendaraan juga harus teliti memperhatikan beberapa hal seperti rasio kompresi, kualitas pelumas mesin, hingga jenis bahan bakar. Anda bisa menanyakan paket bore up yang ditawarkan masing-masing bengkel.



Selain itu, satu hal yang harus dipahami sebelum melakukan bore up adalah ada beberapa kelebihan sekaligus kekurangan yang akan didapat dalam prosesnya. Berikut beberapa kelebihan melakukan bore up motor:

1. Kecepatan Kendaraan Lebih Baik

Alasan utama pemilik motor melakukan bore up adalah meningkatkan tenaga motor. Maka dari itu, setelah proses bore up berhasil, motor akan mendapat tambahan kecepatan yang lebih baik dengan meningkatkan kapasitas cc nya.

2. Tenaga Bawah Motor Lebih Responsif

Karena meningkatnya performa akselerasi motor, hal terus berimbas pada tenaga bawah yang menjadi lebih responsif. Terlebih apabila modifikasi juga dilakukan pada katup, knalpot, dan sistem pengapian sekaligus.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4343 seconds (0.1#10.140)