Bikin Mesin Bertenaga Badak, Benelli Ambil DNA V-Twin KTM

Jum'at, 15 April 2022 - 10:37 WIB
loading...
Bikin Mesin Bertenaga Badak, Benelli Ambil DNA V-Twin KTM
Siapkan motor baru, Benelli Ambil DNA V-Twin KTM. FOTO/ IST
A A A
BEIJING - Januari lalu, Benelli telah mengajukan paten untuk mesin terbaru yang mengacu pada platform paralel-twin 799cc yang terkenal tenaga badaknya untuk dipakai di model TNT berikutnya.

Namun bentuk mesin tersebut identik dengan mesin KTM LC8, hal tersebut ditegaskan dengan bocornya gambar paten yang diajukan KTM.



Dalam perkembangan terakhir, perusahaan sepeda motor China Qianjiang yang juga pemilik Benelli telah mengajukan paten mesin kedua tahun ini yang mengacu pada platform V-Twin 1.301cc.

Seperti dilansir dari Rideapart, menariknya, desain mesinnya juga terlihat mirip dengan mesin KTM 1301cc yang terdapat pada Super Duke R.

Menurut paten tersebut, mesin tersebut mengusung kode nama 'QJ2V108MYL' yang sekaligus memberikan penjelasan mengenai spesifikasi yang ditawarkan.

Dua huruf pertama-QJ-mengacu pada Qianjiang sedangkan dua huruf berikutnya, 2V berarti V-Twin. Selanjutnya, angka 108 menunjukkan 'bore' 108mm - sama dengan mesin KTM 1290.

Kesamaan yang signifikan antara mesin terbaru yang dikembangkan oleh Qianjiang dan KTM tidak berarti bahwa perusahaan China sepenuhnya meniru mesin KTM, melainkan menunjukkan bahwa telah ditandatangani kerjasama baru antara kedua perusahaan yang akan diumumkan kemudian.

Qianjiang sebelumnya telah bekerjasama dengan beberapa pabrikan sepeda motor asing antara lain MV Agusta dan Harley-Davidson.

Tak ketinggalan, KTM juga pernah menjalin kerja sama dengan pabrikan motor asal China, CFMoto sebelumnya.

Yang pasti, mesin terbaru yang diajukan pasti akan diterapkan pada model Benelli yang akan dipasarkan di Eropa dan Asia. Benelli saat ini menikmati kesuksesan di beberapa pasar Eropa terutama di Italia dengan TRK 502 yang muncul sebagai model paling populer selama bertahun-tahun.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2480 seconds (0.1#10.140)