Ciri Kampas Kopling Motor Habis yang Sering Dirasakan Bikers

Sabtu, 16 April 2022 - 13:14 WIB
loading...
Ciri Kampas Kopling Motor Habis yang Sering Dirasakan Bikers
Ciri Kampas Kopling Motor Habis . FOTO/ IST
A A A
JAKARTA - Salah satu komponen penting pada motor adalah kampas kopling. Adanya kampas kopling i ni akan menggerakan roda dan akhirnya motor pun berjalan.

Jika kampas kopling bermasalah, sebesar apapun tenaga motor, tentu daya yang dihasilkan juga tidak maksimal karena transmisi tidak berjalan dengan lancar.

BACA JUGA - Kenali Ciri-Ciri Kampas Kopling Mobil Manual Habis

Kampas kopling umumnya dapat bertahan hingga tiga tahun, namun tak jarang juga ditemukan hanya bisa bertahan selama satu tahun.

Biasanya, kampas kopling normal akan aus kisaran jarak tempuh 20.000 km. Tapi bukan tidak mungkin kampas kopling minta diganti sebelum jarak tersebut.

Kampas kopling yang habis disarankan untuk segera menggantinya agar tidak merembet ke rumah kopling atau tutup kopling.

Berikut adalah ciri-ciri kampas koping yang sudah minta diganti, melansir dari laman resmi Astra Motor, Sabtu (16/4/2022).

1. Akselerasi mesin makin melemah

Ciri pertama kampas kopling motor habis adalah adanya penurunan performa. Biasanya yang terpengaruh adalah akselerasinya.

Misal motor memiliki top speed 120 km/jam. Jika kampas kopling masih tebal maka untuk mencapainya hanya perlu waktu sekitar 10 detik, namun jika sudah menipis maka akan lebih lama.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2242 seconds (11.252#12.26)