Ketok Magic Teknik Reparasi Body Mobil yang Dikaitkan dengan Dunia Gaib

Selasa, 19 April 2022 - 14:28 WIB
loading...
Ketok Magic Teknik Reparasi Body Mobil yang Dikaitkan dengan Dunia Gaib
Ketok Magic teknik reparasi body mobil yang dikaitkan dengan dunia gaib. FOTO/ IST
A A A
JAKARTA - Ketok magic merupakan salah satu metode perbaikan mobil yang cukup populer. Dengan ketok magic, body mobil yang rusak parah sekalipun biasa jadi mulus kembali.

Hingga kini masih banyak yang belum tahu bagaimana cara kerja ketok magic. Tidak sedikit yang beranggapan ketok magic dilakukan menggunakan kekuatan sulap atau hal gaib.



Hal ini tidak lepas karena penamaan ketok magic itu sendiri. Sehingga terkesan hanya diketok saja, body mobil yang rusak parah bisa kembali seperti sedia kala.

Ketok magic semakin menjadi misteri lantaran biasanya proses pengerjaan dilakukan secara tertutup. Sehingga banyak yang bilang proses tertutup ini mungkin dibantu hal ghaib.

Akan tetapi, ketok magic murni menggunakan kekuatan tangan manusia loh. Alat-alat yang digunakan juga terbuat dari lempengan besi yang dibuat secara khusus.

Lempengan besi tersebut dibagi menjadi 2 jenis, yaitu teter dan lamak. Fungsi teter untuk menahan palu di bagian depan, sementara lamak untuk menahan palu di bagian dalam.

Seperti namanya, ketok magic dilakukan dengan cara mengetok body mobil hingga kembali ke bentuk semula. Pengetokan ini tentu akan mengeluarkan suara berisik.

Nah suara berisik inilah yang membuat proses pengerjaan dilakukan secara tertutup. Pemilik bengkel tidak ingin pelanggannya serta orang lain di sekitar terganggu.

Ketok magic tidak hanya memperbaiki penyok atau goresan di mobil, tetapi juga ketika proses pengecatan kembali badan mobil. Harga ketok magic beragam, tapi cenderung relatif murah.

Penggunaan alat-alat yang masih sederhana mungkin menjadi penentu harga. Bahkan ada bengkel ketok magic yang start harga untuk memperbaiki goresan sebesar Rp100.000 saja.

Alasan lain mengapa memperbaiki kerusakan mobil di bengkel ketok magic lebih murah adalah karena mereka hanya fokus memperbaiki, bukan mengganti spare part.

Ketok magic hingga saat ini masih menjadi pilihan untuk para pemilik mobil yang igin memperbaiki kerusakan pada body kendaraan, dirangkum dari blog Daihatsu, Selasa (19/4/2022).
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2311 seconds (0.1#10.140)