Ini Teknik Eco Driving agar Mobil Irit Saat Mudik

Minggu, 24 April 2022 - 21:34 WIB
loading...
Ini Teknik Eco Driving agar Mobil Irit Saat Mudik
Eco driving adalah salah satu cara mengemudi yang bertujuan untuk mengoptimalkan konsumsi bahan bakar secara efisien. Foto/dok
A A A
JAKARTA - Eco driving sudah banyak digunakan untuk mobil keluaran tahun 2000 ke atas. Ini adalah salah satu cara mengemudi yang bertujuan untuk mengoptimalkan konsumsi bahan bakar secara efisien serta berperan mengurangi risiko kecelakaan di jalan raya.

Selain efisien, penerapan teknik Eco Driving juga berkontribusi terhadap program pelestarian lingkungan dengan mengurangi sumbangan gas CO2 yang selama ini sumber emisi karbon terbesar nomor 3 berasal dari asap knalpot.

Mungkin kalian pernah merasa mobil lebih boros dari orang lain padahal mobilnya sama. Nah ini bisa terjadi karena beberapa faktor, salah satunya adalah pola dan teknik berkendara yang berbeda.

Orang lain mungkin mengemudikan mobilnya secara eco driving atau berkendara hemat bahan bakar. Mengemudi secara eco driving memang tidak mudah, tapi ada beberapa tips dan trik yang bisa kalian ikuti.

BACA : Deretan Mobil 1500 CC Paling Irit Gak Bikin Dompet Jebol

Bagaimana caranya? Berikut ini beberapa tips untuk menerapkan eco driving agar gaya berkendara kalian jadi lebih hemat, melansir dari blog Mitsubishi, Minggu (24/4/2022).

1. Tidak Perlu Memanaskan Mesin

Tidak disarankan untuk memanaskan mesin dalam waktu lama. Apabila jarum penunjuk suhu mesin mobil bergerak, kendaraan sudah dapat dijalankan.

2. Kurangi Pengggunaan AC

Atur kira-kira suhu di dalam kabin sekitar 25 derajat jadi kerja kompresor tidak terlalu membebani mesin. Jangan gunakan AC dengan suhu paling dingin secara terus menerus (biasanya 18 derajat), karena ini bakal membuat konsumsi BBM meningkat.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2127 seconds (11.252#12.26)