5 Langkah yang Harus Dilakukan Sebelum Mudik dengan Mobil Pribadi

Selasa, 26 April 2022 - 06:05 WIB
loading...
5 Langkah yang Harus Dilakukan Sebelum Mudik dengan Mobil Pribadi
Pengecekan berbagai komponen mobil Anda penting dilakukan agar mudik jadi nyaman. Foto: dok HPM
A A A
JAKARTA - Masyarakat sudah diperbolehkan untuk melakukan mudik Lebaran . Namun, bagi mereka yang membawa kendaraan pribadi, tentu harus melakukan berbagai persiapan.

Salah satunya mengecek kondisi mesin mobil. Tujuannya, agar perjalanan lancar dan tanpa hambatan karena alasan mobil mogok.

Oleh karena itu, sebelum melakukan perjalanan mudik sebaiknya Anda mengecek kelengkapan dan kondisi mesin mobil. Nah, apa saja yang harus diperhatikan? Berikut seperti dilansir dari berbagai sumber.

1. Cek mesin secara menyeluruh
Sebelum berangkat mudik, pastikan Anda mengecek mesin mobil secara menyeluruh dan jangan sampai ada yang terlewatkan. Ini agar perjalanan jadi lebih nyaman, dan kendaraan tidak rewel ketika dibawa macet-macetan.

Jika Anda tidak bisa mengeceknya sendiri, bawalah ke bengkel langganan. Pastikan mekanik atau montir memperbaiki mesin mobil Anda yang akan dibawa pergi mudik.

2. Cek kelistrikan mobil
Bagian mengecek kelistrikan pada mobil sangat penting, lho. Hal ini karena, kelistrikan yang berasal dari aki dapat memengaruhi kinerja beberapa komponen lain, seperti lampu mobil, sistem entertainment, hingga sistem starter.

Untuk itu jangan sampai terlewat mengecek listrik pada mobil Anda. Alih-alih ingin pergi pada malam hari dan lupa memperbaiki bagian tersebut, maka perjalanan mudik Anda akan terhambat nantinya karena lampu yang mati.

3. Air Radiator
Menempuh perjalanan yang cukup jauh, apalagi saat mudik hingga ratusan kilometer dapat membuat mesin mobil rentan menjadi panas. Akan tetapi dengan adanya air radiator, mesin mobil Anda dapat berada di tingkatan suhu yang tepat.

Hal itu juga dapat diperoleh dengan kinerja sistem radiator yang baik. Oleh karenanya Anda perlu dilakukan pengecekan pada bagian ini. Level air radiator yang kurang dapat membuat mesin menjadi lebih cepat panas.

4. Cek kondisi rem
5 Langkah yang Harus Dilakukan Sebelum Mudik dengan Mobil Pribadi

Ini penting, Anda harus pastikan rem mobil tidak blong. Bagian tersebut merupakan salah satu yang paling fatal, apabila rem mobil tidak bekerja dengan baik.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3507 seconds (0.1#10.140)