Cek 6 Hal Ini Sebelum Berangkat Mudik dengan Kendaraan Pribadi

Jum'at, 29 April 2022 - 05:28 WIB
loading...
Cek 6 Hal Ini Sebelum Berangkat Mudik dengan Kendaraan Pribadi
Kepadatan lalu lintas selama periode mudik lebaran, Kamis (28/4), di tol Cikopo-Palimanan. Foto: Sindonews
A A A
JAKARTA - Peningkatan jumlah pemudik sudah meroket sejak Kamis (28/4) kemarin. Nah, jika hari ini atau besok Anda baru berencana kembali ke kampung halaman, ada beberapa hal yang harus dicek.

”Sebab, memastikan kondisi kendaraan yang digunakan untuk pulang ke kampung halaman dalam kondisi prima sangat penting. Sebab, waktu tempuh cenderung lama dan kondisi lalu lintas tidak dapat diprediksi,” beber VP Automotive Category Blibli, Eddy Lukita.

Eddy menyebut, menjelang Lebaran 2022 tidak sedikit pelanggan yang sudah memperhatikan kondisi kendaraannya. Ini terlihat dari angka transaksi suku cadang mobil dan perawatan kendaraan melalui Blibli rata-rata naik hingga 2x lipat dibanding periode yang sama tahun lalu.

”Data internal Blibli mencatat, angka transaksi untuk jasa perawatan mesin mobil naik hingga 267%, filter udara naik 47%, bahkan paket perawatan interior naik hingga 120%,” ungkap Eddy. Nah, berikut beberapa persiapan mudik pengguna kendaraan pribadi agar lebih nyaman:

1. Cek Kunci dan Perlengkapan Kendaraan
Cek 6 Hal Ini Sebelum Berangkat Mudik dengan Kendaraan Pribadi

Kunci dan perlengkapan kendaraan standar seperti obeng, tang, dongkrak dan alat pompa portabel perlu disiapkan. Ini penting jika sewaktu-waktu kendaraan mengalami gangguan ringan di tengah jalan. Beberapa rekomendasinya adalah merek Tekiro dan Kenmaster.

2. Cairan Penting
Ibarat tubuh, kendaraan juga butuh cairan untuk menjaga performa tetap stabil selama perjalanan jarak jauh. Sebelum berangkat, pastikan mengecek air radiator, air aki, minyak rem, oli, hingga air pembersih kaca. Pastikan kendaraa memiliki cairan cukup sebelum bekerja ekstra.

3. Alat Pemadam Api Ringan (APAR)
Risiko kebakaran dapat terjadi di mana saja, bahkan saat berkendara jarak jauh sekalipun, terutama bagi pengendara mobil. Pilihlah APAR yang mampu memadamkan api dengan efisien, serta ampuh mendinginkan suhu tinggi dalam waktu singkat. Selain itu, pilih juga yang terbuat dari kandungan bahan ramah lingkungan, bebas racun, serta memiliki desain kemasan ergonomis dan anti karat.

4. Ban Cadangan
Banyak mobil yang belum mengadopsi ban jenis Run Flat Tire (RTF) atau ban yang tahan digunakan meski sudah bocor. Karena itu, ban cadangan penting untuk dibawa, seberapapun jauh jarak tempuhnya. Pastikan ban cadangan harus senantiasa dalam kondisi prima melalui pengecekan angin secara berkala, rutin melakukan rotasi ban, serta kesiapan atas perkakas dan aksesori penunjang efektivitas saat harus mengganti ban di tengah perjalanan.

5. Asuransi Kendaraan
Cek 6 Hal Ini Sebelum Berangkat Mudik dengan Kendaraan Pribadi

Akan terjadi banyak simpul kepadatan di jalur-jalur mudik, yang berisiko memicu terjadinya gangguan saat berkendara, mulai pencurian, bersenggolan dengan kendaraan lain, hingga ancaman tindak kejahatan di jalan.

Untuk mengantisipasi kerugian akibat risiko tersebut, pengendara dianjurkan membeli asuransi kendaraan. Manfaatnya antara lain perlindungan terhadap kendaraan, pengemudi dan penumpang, tuntutan dari pihak ketiga, serta jaminan terhadap barang-barang pribadi.

BACA JUGA: Tips Mengatur Muatan Barang di Mobil untuk Mudik Lebaran

6. Melunasi Pajak Kendaraan Pribadi
Pajak kendaraan saat ini bisa dibayar lewat online. Menurut Eddy, Blibli resmi jadi e-commerce pertama untuk saluran pembayaran pajak kendaraan via aplikasi Samsat Digital Nasional (Signal) Korlantas Polri.

”Pengguna cukup mencari Samsat Digital Nasional pada widget tagihan dan isi ulang situs atau aplikasi Blibli, lalu memasukkan kode pembayaran yang didapatkan dari aplikasi Signal. Selanjutnya cek tagihan dan pilih menu Lanjut Bayar,” bebernya.
(dan)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1669 seconds (10.101#12.26)