OMG, Setir Kontroversial Lexus Ini Bakal Kalahkan Punya Tesla

Rabu, 04 Mei 2022 - 06:00 WIB
loading...
OMG, Setir Kontroversial Lexus Ini Bakal Kalahkan Punya Tesla
Palang kemudi unik mobil listrik Lexus diyakini jadi jembatan untuk teknologi kemudi mobil otonom. Foto/Lexus
A A A
JAKARTA - Lexus memberi nama yang sangat unik buat palang kemudi kontroversial mobil listrik terbaru mereka, Lexuss RZ 450e, yaitu OMG. Tentu saja singkatan itu bukan berarti menunjukkan pada Oh My God atau "Ya Tuhan" alih-alih merupakan kependekan dari One Motion Grip.

Nama itu dipilih karena palang kemudi yang mirip kendali pesawat terbang itu memang memiliki teknologi yang sangat berbeda dibanding setir mobil yang ada saat ini. Disebutkan CNET, setir itu sama sekali tidak memiliki koneksi mekanis di antara dua roda depan.

Jadi masing-masing roda di bagian depan akan diberikan aktuator elektronis yang dapat membaca pergerakan setir mobil yang dilakukan oleh pengemudi.

Baca juga : Hyundai Palisade Jadi Idola Baru Mobil Sewaan Buat Lebaran Tahun Ini

OMG, Setir Kontroversial Lexus Ini Bakal Kalahkan Punya Tesla


Takashi Watanabe, Chief Engineer Lexus RZ 450e, menjelaskan bahwa mobil listrik memiliki torsi lebih banyak dan biasanya jauh lebih responsif daripada kendaraan pembakaran internal. Hal itu akan dapat dikendalikan dengan baik dengan teknologi steer-by-wire yang ada di palangkemudi OMG.

Menurutnya teknologi steer-by-wire akan jadi teknologi terbaik buat mobil listrik dan mobil otonom di masa depan. "Saat pengemudi sudah lebih akrab dengan teknologi itu, maka ini akan jadi batu loncatan untuk kendaraan otonom yang tidak membutuhkan lagi palang kemudi," ujarnya.

Baca juga : Bikin Nangis, Mobil Sport Rp1,6 Miliar Nyemplung ke Laut karena Rem Tangan

OMG, Setir Kontroversial Lexus Ini Bakal Kalahkan Punya Tesla


Teknologi steer-by-wire yang ada di Lexus OMG itu justru jadi pembeda dengan setir mobil berdesain sama yang dibuat Tesla . Diketahui Tesla Model S dan Tesla Model X varian Plaid memang dilengkapi dengan palang kemudi bergaya pesawat terbang itu.

Hanya saja bedanya Tesla tetap menggunakan teknologi mekanikal pada setir mobil unik itu. Hal itu yang membuat Lexus mengklaim teknologi setir mobil buatan mereka jauh lebih baik.

Lexus sendiri berjanji baterai aktuator yang sangat dibutuhkan untuk teknologi steer-by-wire akan tetap mereka berikan gratis. Jadi tidak perlu khawatir jika sistem di mobil menginformasikan kondisi baterai aktuator sudah hampir habis.
(wsb)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1626 seconds (11.97#12.26)