Mobil Bau Asap Saat Mudik, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Selasa, 03 Mei 2022 - 12:17 WIB
loading...
Mobil Bau Asap Saat Mudik, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya!
Bau asap yang tercium terus menerus di dalam kabin mobil bisa jadi ada masalah. Foto: Sindonews/Danang Arradian
A A A
JAKARTA - Mobil berbau asap ketika mudik bisa terjadi karena beberapa hal. Segera ketahui penyebabnya. Sebab, jika dibiarkan maka bau asap akan mengganggu kenyamanan dalam berkendara dan bahkan dapat berakibat fatal bagi tubuh.

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan mobil bau asap. Untuk mengetahuinya, pertama-tama yang bisa dilakukan adalah coba untuk perhatikan lingkungan sekitar, apakah ada mobil lain seperti truk, mobil diesel, hingga bis.

Jika memang ada, maka masalah bisa jadi pada ventilasi jendela mobil. Bisa saja ventilasi jendela mobil memang kualitasnya sudah buruk sehingga harus dicek ulang. Terutama karet penutup yang ada di jendela pintu mobil.

Untuk mengatasinya, hanya tinggal menunggu waktu beberapa saat lalu buka kaca mobil agar ada pergantian udara. Jika dirasa sudah tidak bau asap, maka kembali tutup jendela. Agar kejadian serupa tak terulang maka segeralah lakukan perbaikan.

Namun jika lingkungan sekitar bersih dan ventilasi masih bagus, mobil bau asap bisa terjadi karena masalah pada AC mobil. AC mobil ini memang dapat menimbulkan bau tidak sedap seiring pemakaian, salah satu bau tidak sedap yang muncul adalah bau asap.

Kalau sudah begini tentu akan mengganggu penciuman bahkan bisa juga kesehatan. Pemicunya adalah kandungan kadar CO2 yang tinggi. Inilah yang harus diperhatikan. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan mengganti oli kompresor.

Ketika mengganti oli kompresor tentunya tidak boleh asal-asalan. Melainkan harus sesuai tipe dan standar oli kompresor yang digunakan sebelumnya. Setiap mobil memiliki jumlah takaran berbeda-beda.

BACA JUGA: Galaxy A73 5G Punya Kamera 108 MP ala DSLR, Begini Cara Memakainya!

Itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi mobil bau asap, melansir dari berbagai sumber. Selain cara di atas, ada baiknya juga untuk selalu membersihkan kabin mobil. Membersihkan kabin mobil akan mencegah timbulnya bau-bau tidak sedap lain.
(dan)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2584 seconds (10.101#12.26)