Cek Kondisi Gardan Mobil Sebelum Balik Mudik Lebaran

Kamis, 05 Mei 2022 - 18:09 WIB
loading...
Cek Kondisi Gardan Mobil Sebelum Balik Mudik Lebaran
Cara mengecek kondisi gardan mobil sebelum balik mudik. FOTO/ IST
A A A
JAKARTA - Setelah mudik mobil yang digunakan perlu dilakukan pengecekan ulang, karena telah menempuh perjalanan jauh. Salah satu bagian mobil yang perlu di cek untuk persiapan balik mudik lebaran adalah gardan mobil.

Gardan mobil merupakan salah satu bagian mobil yang memiliki peran penting pada mobil. Fungsi gardan mobil adalah sebagai penyalur tenaga dari mesin ke roda belakang. Bisa dikatakan, mobil tidak akan bisa dijalankan tanpa adanya komponen ini.

BACA JUGA - Tak Mudik, Lebaran Tetap Asyik

Cara perawatan gardan sendiri sangat mudah, yaitu cukup mengganti oli secara rutin. Memang, karena letaknya yang di bawah kolong mobil, namun orang kerap beranggapan oli gardan jarang atau kecil sekali kemungkinannya mengalami aus sebelum waktunya.

Pemikiran seperti inilah yang bisa membuat kita lalai untuk melakukan perawatan. Untuk mengeceknya sendiri terdapat dua cara.

1. mendengarkan suara dari gardan saat mobil melaju

Dengan mematikan peranti audio yang ada di mobil. Kemudian buka kaca mobil dan jalankan kendaraan Anda di tempat yang sepi. Bila Anda mendengar ada suara gemerisik atau mendengung berarti ada permasalahan di gardan.

Suara itu diakibatkan oleh komponen yang ada di gardan mengalami gesekan hebat karena oli berkurang banyak atau bahkan habis. Namun, bisa juga dikarenakan jumlah oli masih cukup banyak namun sudah terlalu kental atau aus sehingga tidak sesuai dengan kualifikasi yang disyaratkan untuk gardan.

Itu bisa terjadi dikarenakan oleh bakteri atau reaksi dengan zat-zat lain. Penyebab lainnya adalah karena mobil sering melintas di daerah berair yang mengandung garam atau tingkat keasaman tinggi.

Bila Anda ingin melakukan antisipasi agar kejadian seperti itu tidak terjadi, ada baiknya melakukan penggantian oli gardan secara rutin. Maksimal saban mobil telah menempuh jarak 10 ribu kilometer.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2162 seconds (11.210#12.26)