Pentingnya Cek Kondisi Ban Mobil Sepulang Mudik

Jum'at, 13 Mei 2022 - 16:45 WIB
loading...
Pentingnya Cek Kondisi Ban Mobil Sepulang Mudik
Cek Kondisi Ban Mobil Sepulang Mudik. FOTO/ IST
A A A
JAKARTA - Perjalanan mudik dengan jarak yang jauh sudah tentu membuat ban mobil menjadi aus. Itu sebabnya, penting untuk melakukan pengecekan ban sepulang mudik supaya berkendara tetap aman.

Seperti diketahui, ban merupakan komponen yang bersentuhan langsung dengan aspal. Jika ban bermasalah, sudah tentu akan mengganggu kenyamanan serta stabilitas berkendara, yang bisa saja berakibat fatal.



Seperti dilansir dari laman Auto2000, Jumat (13/5/2022), mengecek ban mobil sepulang mudik harus dilakukan dengan seksama. Hal yang perlu diperhatikan adalah cek apakah ban mengalami penipisan.

Selain itu, pastikan juga ban tidak kekurangan angin serta tidak ada retakan maupun benda asing yang menancap atau terselip. Ban yang kurang angin atau bermasalah akan membuat mobil menjadi aneh ketika dikendalikan.

Selain membahayakan, ban yang bermasalah juga akan berdampak pada borosnya bahan bakar. Segera atasi dengan menambah angin untuk yang kurang angin atau lakukan penggantian ban untuk yang masalahnya lebih parah.

Ban mobil memang memiliki peranan penting dan karena peranan pentingnya itu maka di perlukan perawatan khusus dalam merawatnya. Kalau perlu, lakukan juga balancing atau spooring ban agar mobil lebih stabil saat dikendarai.

Balancing atau spooring wajib dilakukan jika saat berkendara merasakan beberapa gejala tertentu seperti adanya suatu ketidaknyamanan pada bagian ban saat memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi.

Tak hanya itu, keadaan ban yang harus dilakukan balancing dan spooring juga bisa diketahui dari posisi keempat roda yang nampak tidak lurus atau sejajar, yang bisa dilihat dengan jelas dikala mobil dalam posisi diam.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6093 seconds (0.1#10.140)