Perawatan Mobil Setelah Mudik, Lakukan Pengecekan di 6 Titik Ini!

Selasa, 17 Mei 2022 - 18:18 WIB
loading...
Perawatan Mobil Setelah Mudik, Lakukan Pengecekan di 6 Titik Ini!
Intensif melakukan inspeksi mobil penting agar mobil tetap prima setelah digunakan untuk mudik. Foto: dok MG
A A A
JAKARTA - Setelah mudik Hari Raya Idul Fitri di kampung halaman selesai, ada baiknya untuk kembali mengecek kondisi mobil di bengkel resmi agar performa mesin tetap terjaga. Juga, supaya berkendara lebih nyaman.

Terlebih jika mobil yang dibawa pulang kampung sudah melewati jarak ribuan kilometer dan melalui berbagai jenis permukaan jalan, terutama yang kurang baik.

Lead Marketing & PR MG Motor Indonesia Arief Syarifudin mengatakan, ada 6 titik utama yang paling penting untuk diawasi dan dirawat secara mandiri agar kondisi mobil senantiasa prima. Berikut rinciannya;

1. Oli atau pelumas
Tingginya suhu mesin dapat mengubah kondisi oli, baik itu dari sisi kekentalan oli dan juga volumenya yang berkurang. ”Sehingga perlu diganti agar kondisi mesin tetap baik dan mampu berjalan dengan halus,” ujar Arief.

2. Kaki-kaki mobil
Perawatan Mobil Setelah Mudik, Lakukan Pengecekan di 6 Titik Ini!

Shockbreaker, lower-arm, serta keausan dan tekanan angin ban harus dicek, karena perjalanan panjang dan kondisi jalan yang tidak menentu membuat mereka bekerja ekstra dalam menopang kendaraan, bahkan kondisi ban juga perlu dipastikan kualitasnya.

3. Pengereman
Kampas dan minyak rem harus dipastikan dalam kondisi normal, mengingat kemacetan panjang sering membuat rem mudah aus karena terkikis.

4. Suhu mobil
Mobil yang terus menerus digunakan bisa mengalami masalah jika dibiarkan hidup terus menerus. Ada beberapa kerusakan dalam mobil yang bisa memicu suhu mesin mobil menjadi naik, seperti anti-freeze atau pendingin mesin yang mengalami kebocoran dan thermostat yang bermasalah.

5. AC Mobil
Kondisi AC juga harus dicek seperti kondisi filter dan kebersihannya, biasanya AC bekerja lebih pada saat mudik dan dapat menyebabkan sirkulasi AC menjadi kurang baik.



6. Tune Up
Bahan bakar minyak yang sudah mengalami proses campuran dapat menyebabkan kerusakan pada mesin dan performa kendaraan. Sebaiknya setelah mudik tune-up mesin dapat mengembalikan kondisi performa kendaraan kembali dan menjadi lebih optimal.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1889 seconds (0.1#10.140)