Ban Serep Mobil Berukuran Lebih Kecil, Jangan Bingung Ternyata Ini Penyebabnya

Jum'at, 20 Mei 2022 - 19:43 WIB
loading...
Ban Serep Mobil Berukuran Lebih Kecil, Jangan Bingung Ternyata Ini Penyebabnya
Ban serep mobil berukuran kecil hanya bisa digunakan untuk jarak tempuh tertentu. Foto/IST
A A A
JAKARTA - Ban serep mobil berukuran kecil ternyata banyak digunakan oleh beberapa merek mobil tertentu. Tentu bagi yang awam, keberadaan ban serep berukuran kecil itu sangat membingungkan.

Pasalnya dari segi dimensi memang ukurannya jauh lebih kecil dibandingkan empat ban mobil yang ada. Belum lagi desain dan juga bahan dasar material velg.

Tapi jangan bingung dulu karena ukuran ban serep yang kecil itu diberikan justru bukan tanpa pertimbangan. Pasalnya, penentuan ukuran ban serep mobil tergantung pada peraturan masing-masing negara.

Ada yang mewajibkan penggunaan ban full size atau serupa dengan ban utama, dan beberapa wilayah membolehkan ukuran kecil (space saver). Bahkan ada juga yang tidak mewajibkan tersedianya ban serep.



Untuk ban serep yang memiliki perbedaan ukuran dengan ban utama tentunya mempunyai sebab tersendiri mengapa dibuat demikian. Nah di bawah ini merupakan sebab kenapa ban serep berukuran lebih kecil dibanding ban utama, yuk cermati:

Ban Serep Mobil Berukuran Lebih Kecil, Jangan Bingung Ternyata Ini Penyebabnya


1. Perbedaan ukuran yang tidak berpengaruh

Meskipun ban serep memiliki ukuran tinggi, panjang dan lebar yang berbeda dari ban utama, namun hal itu nantinya tidak berpengaruh secara signifikan pada kinerja ban saat melaju. Hal ini bertujuan untuk menghemat ruang saat penyimpanan.

2. Roda atau velg dibuat dari bahan yang ringan
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1740 seconds (0.1#10.140)