7 PO Bus yang Sudah Eksis sebelum Ada Jalan Tol, Semuanya Legenda

Minggu, 22 Mei 2022 - 21:13 WIB
loading...
7 PO Bus yang Sudah Eksis sebelum Ada Jalan Tol, Semuanya Legenda
7 PO Bus yang Sudah Eksis sebelum Ada Jalan Tol. FOTO/ IST
A A A
JAKARTA - Jika membahas soal moda transportasi, bus tentu menjadi primadonanya. Indonesia sendiri memiliki banyak sekali perusahaan otobus (PO), yang bahkan beberapa di antaranya sudah berumur puluhan tahun.

BACA JUGA - Sopir Bus Kecelakaan Maut di Tol Sumo Ditetapkan Sebagai Tersangka

Menariknya beberapa PO bus tersebut masih terus beroperasi hingga saat ini. Nah penasaran apa saja PO bus tertua di Indonesia? Berikut informasi lengkapnya, seperti dilansir dari berbagai sumber, Minggu (22/5/2022).

1. Rosalia Indah

Masyarakat Indonesia khususnya di Pulau Jawa tentu tidak asing dengan Rosalia Indah. Rosalia Indah merupakan salah satu perusahaan jasa transportasi darat dengan armada bus yang berkantor Pusat di Palur Jawa Tengah.

Rosalia Indah didirikan oleh pasangan suami-istri Yustinus Suroso dengan Yustina Rahayu Suroso tepatnya pada tahun 1983. Semula Rosalia Indah hanya memiliki satu armada bus Isuzu dengan trayek Yogyakarta - Solo - Surabaya - Malang.

2. Pahala Kencana

Jika berbicara soal PO bus tertua di Indonesia, Pahala Kencana tentu tidak boleh terlewatkan. Pasalnya, PO yang satu ini sudah berdiri sejak tahun 1976 di Kudus Jawa Tengah dan bisa dibilang masih populer sampai sekarang.

Pahala Kencana merupakan perusahaan otobus yang melayani perjalanan antarkota antarprovinsi. Selain itu, Pahala Kencana juga melayani jasa bus pariwisata dan ekspedisi barang paket dengan armada mulai dari mercedes-benz hingga Vino.

3. Lorena - Karina

Lorena - Karina cukup terkenal dari dulu sampai sekarang ini di lintas Jawa menuju Pulau Sumatera. Perusahaan otobus ini merupakan salah satu penyedia moda transportasi darat dengan armada bus yang didirikan sejak tahun 1978.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1794 seconds (11.252#12.26)