Cara Mengemudi Mobil Manual di Jalan Macet yang Bikin Santai

Senin, 23 Mei 2022 - 17:13 WIB
loading...
Cara Mengemudi Mobil Manual di Jalan Macet yang Bikin Santai
Cara Mengemudi Mobil Manual di Jalan Macet yang Bikin Santai. FOTO/ IST
A A A
JAKARTA - Cara mengemudi mobil manual di jalan macet dengan aman yang perlu diketahui. Umumnya, kondisi jalan macet tentu tak bisa diprediksi atau dihindari. Sehingga tak jarang pengendara akan merasa kesulitan dalam kondisi macet perjalanan.

BACA JUGA - Puncak Bogor Mendadak Macet, Ada Apa?

Selain memakan waktu, kemacetan juga bisa menguras kondisi fisik pengendaranya. Terlebih pada mobil manual. Karena selain harus menunggu kemacetan panjang, posisi pengendara juga harus tetap mengoperasikan transmisi dan kopling.

Dilansir dari situs Toyota Connect, berikut beberapa tips atau cara mengemudi mobil manual di jalan macet:

1. Pakai Gigi Rendah

Dalam kondisi jalanan yang macet, pengendara dianjurkan untuk menggunakan gigi rendah. Dalam hal ini, posisikan transmisi di gigi 1 atau 2 selama menghadapi kemacetan.

Alasan pengambilan gigi rendah ini dimaksudkan agar pergerakan mobil tetap stabil. Saat macet, tentu kendaraan di depan juga maju dengan perlahan. Maka dari itu, posisi transmisi gigi rendah ini ditujukan agar pergerakan mobil tetap baik dan alias tidak terlalu berat.

Selain itu, hal ini juga dilakukan untuk meminimalisir kemungkinan mesin mobil mati di tengah kemacetan.

2. Jangan Memaksa untuk Membuat Manuver

Kondisi macet pada jalanan tentu membuat pengendara tak nyaman. Biasanya, hal yang terlintas di pikiran adalah mencari celah untuk menyalip kendaraan didepannya. Manuver seperti ini tidak boleh dilakukan, karena bisa berbahaya bagi anda maupun pengendara lain.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1700 seconds (11.252#12.26)