Inilah Waktu yang Tepat untuk Panaskan Mesin Mobil

Senin, 23 Mei 2022 - 17:26 WIB
loading...
Inilah Waktu yang Tepat untuk Panaskan Mesin Mobil
Tips panaskan mobil yang baik dan benar. FOTO/ IST
JAKARTA - Memanaskan mobil sebelum digunakan menjadi ritual penting yang sebaiknya dilakukan guna memberikan waktu pada oli pelumas bersirkulasi di dalam mesin.

Menggunakan mobil secara langsung tanpa dipanaskan itu berarti sirkulasi oli dalam mesin tidak merata sehingga komponen dalam mesin bisa cepat mengalami kerusakan.

BACA JUGA - Jangan Sembarangan, Begini Cara Memanaskan Mobil dengan Benar

Banyak yang beranggapan bahwa memanaskan mobil semakin lama durasinya maka akan semakin bagus. Padahal tidak, apalagi jika mobil sudah menggunakan teknologi injeksi.



Seperti dilansir dari laman resmi Nissan pada Kamis , mobil injeksi hanya butuh waktu 30 detik hingga 1 menit saja untuk dipanaskan. Sangat singkat bukan?

Memanaskan mobil terlalu lama sebenarnya hanya akan membuang bensin saja. Jika mesin sudah berputar stabil, sama saja dengan kondisi mobil yang sedang terjebak macet.

Perlu diingat pula bahwa mobil yang dipanaskan mengeluarkan emisi gas buang yang berbahaya. Kandungan gas paling banyak yang keluar dari knalpot adalah karbon dioksida.

Ketika dihirup berlebihan, gas tersebut bisa jadi penyebab gangguan pernapasan akut. Konsentrasi gas buang saat dipanaskan di ruang tertutup adalah yang berbahaya.

Itulah kenapa memanaskan mobil tidak perlu waktu terlalu lama. Untuk mengetahui apakah mesin sudah dalam kondisi siap jalan, bisa juga dengan melihat indikator temperatur mesin.

Bila normal, jarum akan perlahan naik ke posisi tengah. Dari sini mobil sudah siap digunakan.
(wbs)
Komentar Anda