Jangan Sembarangan, Begini Cara Memanaskan Mobil dengan Benar

Rabu, 01 September 2021 - 21:04 WIB
loading...
Jangan Sembarangan, Begini Cara Memanaskan Mobil dengan Benar
Sesekali memanaskan mobil wajib dilakukan demi menghindari kerusakan pada sejumlah komponen. Foto: dok Suzuki
A A A
JAKARTA - Meski memanaskan mobil tidak harus dilakukan setiap hari, tetapi memanaskan mobik tetap perlu dilakukan, terlebih jika kendaraan tidak digunakan hingga berminggu-minggu.

Sesekali memanaskan mobil wajib dilakukan demi menghindari kerusakan pada sejumlah komponen. Berikut ini alasan mobil harus tetap dipanaskan, dilansir dari laman Suzuki, Selasa (31/8).



1. Menghindari kebocoran kompresi

Memanaskan mobil adalah cara untuk menghindari terjadinya kebocoran kompresi. Beberapa komponen mesin sengaja tidak dibuat presisi, namun jika terkena panas maka posisinya akan lebih presisi.

Apabila mesin mobil tidak dinyalakan dalam waktu yang sangat lama, komponen yang tidak presisi tersebut akan menjadi sumber kebocoran. Apabila kebocoran sudah terjadi maka nantinya akan menciptakan masalah pada ruang bakar.

2. Menghindari mesin aus

Setiap komponen mesin membutuhkan oli sebagai pelumas ketika bergerak. Ketika mobil tidak dipanaskan maka bagian celah daripada mesin ini akan mengering. Sedangkan oli hanya ada di tempat tampungan saja tanpa melumasi semua bagian mesin.

Dampaknya adalah membuat mesin akan cepat aus. Jika mesin aus maka akan menimbulkan suara berisik ketika mesin dinyalakan. Tak hanya itu, kerusakan komponen mesin pun kerap kali terjadi karena gesekan antara mesin yang terjadi akibat oli kering.

3. Mengisi daya aki
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2665 seconds (0.1#10.140)