Mercedes Pamer Kemampuan Mobil Listrik EGQ Berputar 360 Derajat

Rabu, 25 Mei 2022 - 23:35 WIB
loading...
Mercedes Pamer Kemampuan Mobil Listrik EGQ Berputar 360 Derajat
Mercedes-Benz memamerkan fitur baru yang mengesankan dari mobil listrik EQG yaitu melakukan G-Turn atau dikenal putaran 360 derajat seperti tank. Foto/Ist/Tangkapan Layar Video
BERLIN - Mercedes-Benz memamerkan fitur baru yang mengesankan dari mobil listrik EQG yaitu melakukan G-Turn atau dikenal putaran 360 derajat seperti tank. Konsep mobil listrik EQG merupakan versi all-electric dari G-Wagon off-roader premium.

Kemampuan itu ditunjukkan dalam sebuah video baru yang dirilis Mercedes-Benz baru-baru ini. Dari fitur tersebut menunjukkan truk listrik EGQ berputar menggunakan empat rodanya dan menciptakan pusaran debu yang menggilingnya.

Mobil listrik EQG melakukan trik menggunakan powertrain motor quad-nya, yang memungkinkannya menerapkan torsi ke masing-masing dari keempat rodanya secara independen. Kemudian, dua sisi bergerak ke arah yang berlawanan, sehingga membuatnya berputar 360 derajat, seperti tank militer.

Baca juga; Mobil Listrik Konsep Buatan Mercedes Bisa Capai 1.000 Kilometer

Ini bisa dibilang demo yang mengesankan daripada Crab Mode dari produsen mobil AS GMC, yang memungkinkan Hummer EV serba listriknya untuk mengemudi secara diagonal. Kemampuan melakukan "G-Turn," memungkinkan kendaraan besar itu benar-benar berputar di sekitar porosnya sendiri.

EQG sebenarnya bukan truk listrik pertama yang mampu melakukan aksi seperti itu. Startup EV Rivian memamerkan "putaran tank " serupa pada tahun 2019

Tidak jelas apakah EQG benar-benar akan mampu melakukan aksinya saat berada di permukaan yang lebih keras seperti aspal. Tentu menggerakkan rodanya ke arah yang berbeda di aspal pasti akan sangat sulit.

Baca juga; Mercedes-Benz A City, Mobil Mercedes-Benz Murah Harga Rp334 Juta

“Kami masih belum tahu banyak tentang off-roader baru Mercedes. (Mobillistrik) Ini akan mulai dijual pada tahun 2024, dan dikabarkan mulai dari (harga) sekitar USD150.000,” menurut Car and Driver dikutip SINDOnews dari laman Futurism, Rabu (25/5/2022).

Konsep EGQ merupakan elektrivikasi dari Mercedes-Benz Kelas-G yang sudah dikenal sebagai SUV mewah berpenggerak empat roda berukuran sedang. Mercedes-Benz G-Class merupakan SUV offroader sejati.
Mercedes Pamer Kemampuan Mobil Listrik EGQ Berputar 360 Derajat


Mobil ini sekelas dengan Land Rover Defender dan Jeep Wrangler. G-Wagen dicirikan oleh gaya kotak dan konstruksi body-on-frame. Ketika Mercedes meluncurkan Concept EQG pada September 2021 di acara IAA Munich, juga dibicarakan tentang gearbox dua kecepatan yang dapat digeser dengan menampilkan gigi crawler.

Baca juga; Mercedes-Benz G-Class Listrik Diberinama Mercedes-Benz EQG

Fitur utama lain yang akan didapat G-Class listrik ini adalah paket baterai lithium-ion opsional dengan bahan kimia anoda silikon untuk mencapai jangkauan yang lebih besar berkat sel dengan kepadatan lebih tinggi. Para insinyur menargetkan peningkatan kepadatan energi 20-40 persen untuk melampaui 800 Wh/l pada tingkat sel dan meningkatkan jangkauan secara signifikan.
(wib)
Komentar Anda