7 Penyebab Mobil Boros BBM, Mulai Filter Kotor hingga Terlambat Ganti Oli

Sabtu, 28 Mei 2022 - 21:14 WIB
loading...
7 Penyebab Mobil Boros BBM, Mulai Filter Kotor hingga Terlambat Ganti Oli
Penyebab mobil boros BBM perlu diketahui para pemilik mobil agar bisa berkendara lebih hemat. Foto: Sindonews/Danang Arradian
A A A
JAKARTA - Penyebab mobil boros BBM memang beragam. Yang jelas, mobil yang boros bahan bakar tentu akan membuat kantong jebol. Nah, sebenarnya ini terjadi bukan tanpa sebab. Ada beberapa faktor yang membuat konsumsi bahan bakar mobil menjadi rakus.

Penyebabnya, seringkali perilaku atau penggunaan mobil yang salah tapi tidak disadari. Supaya tidak bingung lagi dengan bahan bakar boros, berikut ini 7 penyebabnya, dilansir dari blog resmi Suzuki:

1. Terlambat mengganti oli
Oli yang terlambat diganti sudah tentu kualitasnya akan menurun. Dampaknya adalah berkurangnya kinerja mesin mobil. Jika terlalu lama dibiarkan ini bakal menyebabkan bensin menjadi lebih boros.

Untuk itu, lakukan penggantian oli sesuai waktu yang direkomendasikan. Biasanya pabrikan akan menyarankan penggantian oli setiap 5.000 km. Jangan pernah melewati jarak tersebut.

2. Terjadi masalah pada ban
Ban kurang angin dapat mengakibatkan beban gesek pada ban dan bobotnya bertambah. Laju mobil otomatis akan terhambat dan sudah pasti akan boros bensin.

3. Filter bensin yang kotor
Penyebab bensin mobil boros yang selanjutnya adalah karena filter bensin kotor. Filter bensin harus rutin dibersihkan dan wajib diganti setiap 30 ribu hingga 40 ribu kilometer agar bensin yang digunakan ke ruang bakar selalu bersih.

Ketika bensin yang dipasok kotor, dampaknya mobil lebih boros karena kotoran yang masuk ke ruang bakar. Tentu saja, jika dibiarkan terus menerus akan menimbulkan kerusakan pada ruang bakar mobil.

4. Filter udara kotor
Jika filter udara kotor maka udara yang masuk ke dalam mesin akan berkurang. Hasilnya adalah piston bekerja dengan berat, sehingga harus menginjak pedal gas lebih dalam agar bertenaga dan membuat bensin boros.

5. Penggunaan AC yang terlalu dingin
Menghidupkan AC sampai paling dingin berbanding lurus dengan bahan bakar yang digunakan juga semakin banyak. Jadi pengaturan suhu AC saat berkendara harus diperhatikan dan sewajarnya saja.

6. Menggunakan bahan bakar yang tidak tepat
Penyebab bensin boros bisa dikarenakan kualitas dari bahan bakar lebih rendah, yakni oktan lebih rendah dari 95. Mobil butuh bahan bakar dengan oktan tinggi. Sehingga tenaga yang dihasilkan lebih kuat dan bensin tidak akan boros.

BACA JUGA: Tesla Cybertruck Tak Kunjung Dikirim, Pria Ini Beralih ke Ford F-150 Lightning

7. Kebocoran pada knalpot
Knalpot bocor bisa jadi sumber penyebab bensin boros. Gas buang dari pembakaran bahan bakar dilakukan melalui knalpot. Ketika sistem bermasalah pada pembuangan gas seperti bocor, maka bensin yang digunakan akan lebih besar.
(dan)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1558 seconds (10.177#12.26)