4 Cara Merawat Helm Agar Lebih Awet

Selasa, 31 Mei 2022 - 20:05 WIB
loading...
4 Cara Merawat Helm Agar Lebih Awet
Helm kini juga tidak hanya menjadi perlengkapan keselamatan para bikers saat berkendara, namun juga bisa meningkatkan penampilan atau gaya saat di jalanan. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Cara merawat helm agar lebih awet penting diketahui. Sebab, helm merupakan perangkat keselamatan yang wajib digunakan saat berkendara. Terutama kendaraan roda dua.

Bahkan, helm tidak hanya jadi perlengkapan keselamatan para bikers saat berkendara. Namun juga bisa meningkatkan penampilan atau gaya saat di jalanan. Juga, menambah rasa percaya diri.

Nah, berikut tips untuk merawat helm agar awet, terawat, dan membuat penggunanya tampil percaya diri:

1. Jangan taruh helm sembarangan
Saat sedang diparkir, gunakan sarung helm agar terhindar dari panas atau matahari langsung. Hindari menaruh helm di spion, hal tersebut agar mengurangi potensi helm lecet karena terjatuh. Anda bisa menyimpannya di tas helm, atau menaruh helm dengan mengaitkannya di atas jok motor. Juga, masukkan di bagasi motor agar helm selalu aman baik dari hujan ataupun orang yang hendak mencuri.

Agar lebih terjaga, tutup dengan kain atau dibungkus. Hal ini supaya tidak ada debu yang menempel atau bahkan dimasuki laba-laba hingga membuat sarang di sana.

2. Hindari menggunakan helm saat rambut basah
Sering diantara kita bepergian menggunakan helm setelah mandi dan berkeramas, terlebih saat pagi hari hendak bekerja atau saat sedang terburu - buru.

Anda harus mulai menghentikan kebiasaan tersebut. Rambut yang basah akan membuat bagian dalam helm lebih cepat berbau dan apek.

Terlebih jika menggunakan pomade atau minyak rambut, maka bagian dalam helm menjadi sangat lengket dan jika dibiarkan dalam waktu lama, bau helm menjadi tidak sedap.

Solusinya, gunakan shower cap tipis saat sedang memakai pomade atau baru keramas. Shower cap akan mencegah rambut yang masih basah atau menggunakan pomade bersentuhan langsung dengan helm.

3. Cuci helm 1 bulan sekali
Helm yang dipakai setiap hari rentan memunculkan bau tak sedap. Oleh karena itu, rutin mencuci helm 1 bulan sekali. Namun, intensitas mencuci helm bukanlah pedoman wajib. Tentu bisa disesuaikan dengan rutinitas pemakaian dan kondisi helm Anda. Jika Anda merasa bahwa dalam 2 minggu helm sudah sangat bau dan perlu dicuci, maka segeralah mencucinya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2018 seconds (0.1#10.140)