Ditiru Formula 1, Ini Canggihnya Kamera Helm Pembalap Formula E

Rabu, 01 Juni 2022 - 07:00 WIB
loading...
Ditiru Formula 1, Ini Canggihnya Kamera Helm Pembalap Formula E
Helm yang dilengkapi kamera Drivers Eye View (lingkaran merah) pertama kali digunakan di 2020. Foto/IST
A A A
JAKARTA - Bagi penggemar balapan Formula 1 tentu kenal betul dengan sudut pandang baru yang dihadirkan di musim balapan Formula 1 tahun ini yakni Driver's-Eye View. Teknologi itu memungkinkan penonton melihat jalannya balapan seolah langsung dari mata pembalap.

Banyak yang memuji sudut pandang baru itu. Pasalnya penonton jadi seolah ikut bareng pembalap dalam melahap setiap tikungan di sirkuit. Tapi jangan salah, teknologi itu justru bukan hal yang baru.

Nyatanya teknologi itu pertama kali dikenalkan oleh Formula E. Hal itu jadi istimewa buat Formula 1 karena alasan khusus. Pasalnya panitia penyelanggaran Formula 1 justru meminta pembuat kamera helm yang ada di Formula E buat menggunakan teknologi yang sama.

Pembuat kamera helm itu disebutkan oleh situs The Race adalah Racing Force, perusahaan pembuat helm dan alat keamanan balap yang berbasis di Italia. Kerja sama antara Racing Force dan Formula E diketahui dimulai pada 2020.

Baca juga : Toyota Fortuner dengan Teknologi Hybrid Meluncur Tahun Depan

Ditiru Formula 1, Ini Canggihnya Kamera Helm Pembalap Formula E


Saat itu penyelenggara Formula E ingin agar penonton balapan merasakan suasana dramatis di setiap momen balapan. Dari situlah mereka mengajak Racing Force membuat sebuah kamera kecil yang bisa dipasang di helm para pembalap Formula E.

Sebenarnya tampilan yang diberikan oleh Driver's Eye View sangat terbatas. Bahkan jika dibandingkan dengan siaran langsung televisi justru kalah jauh karena tampilannya sangat terbatas.

Hanya saja sensasi balapan dan juga melihat bagaimana para pembalap merespons situasi yang tengah terjadi justru diperlihatkan oleh kamera Driver's Eye View.

Baca juga : Start Up Israel Klaim Masalah Kemacetan Bisa Diatasi dengan Matematika
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1444 seconds (11.210#12.26)