Ini 4 Penyebab Ukuran Setir Mobil Berbeda

Kamis, 02 Juni 2022 - 13:40 WIB
loading...
Ini 4 Penyebab Ukuran Setir Mobil Berbeda
Ukuran setir mobil berbeda antara satu dengan yang lainnya. Foto DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Ukuran setir mobil berbeda antara satu dengan yang lainnya. Piranti yang memiliki fungsi untuk mengendalikan arah laju mobil ini memang dikenal memiliki banyak jenis dan tipe.

Tipe setir dalam mobil ini biasanya disesuaikan dengan nilai gunanya. Ukuran setir biasanya berdiameter 14-15 inci. Sementara stir mobil balap untuk kompetisi berdiameter 12.6-13.8 inci. Baca juga : Alasan Setir Mobil Harus Lurus saat Parkir

Berikut alasan mengapa ukuran setir mobil berbeda seperti yang dilansir Daihatsu :

1. Jenis Mobil

Jenis mobil dapat mempengaruhi ukuran setir mobilnya. Biasanya mobil yang digunakan untuk keseharian memiliki stir yang lebih besar daripada mobil sport.

Hal itu dikarenakan ruangan yang ada di mobil sport atau racing cars jauh lebih sempit daripada mobil yang digunakan untuk keseharian. Selain itu perbandingan jumlah gigi saat berbelok juga menjadi pertimbangan.

2. Luas Kabin Mobil

Kabin sangat berkaitan dengan unsur ergonomis. Ergonomis sendiri merupakan ilmu tentang segala pertimbangan dalam mendesain suatu benda, lingkungan maupun fasilitas buatan seperti halnya kabin mobil dengan manusia sebagai acuan untuk membuat pengemudi nyaman. Baca juga : Cara Merawat Setir Mobil Biar Lebih Nyaman Berkendara

3. Ukuran Bahu Seseorang

Apabila setir memiliki ukuran yang terlalu besar dan tidak pas dengan ukuran bahu pada umumnya, maka untuk mengemudikan mobil akan terasa tidak nyaman.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2808 seconds (0.1#10.140)