Ini Alasan Injak Rem Mobil Matik Harus Pakai Kaki Kanan

Sabtu, 04 Juni 2022 - 14:30 WIB
loading...
Ini Alasan Injak Rem Mobil Matik Harus Pakai Kaki Kanan
Ada alasan tersendiri menginjak rem mobil matik harus pakai kaki kanan. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Ada alasan tersendiri menginjak rem mobil matik harus pakai kaki kanan. Sebab, jika dilakukan sebaliknya, maka ada beberapa dampak buruk yang bisa didapatkan.

Menurut Aftersales Support Astra Peugeot, Samsudin, kebiasaan menginjak rem mobil matik dengan menggunakan kaki kiri berisiko merusak komponen kendaraan seperti clutch pada transmisi otomatis.

“Usia komponen akan menjadi lebih singkat. Pasalnya pada posisi itu kopling dalam kondisi bekerja atau berputar, tetapi daya geraknya ditahan oleh tekanan rem,” paparnya beberapa waktu lalu.



Lebih lanjut Samsudin menerangkan bahwa kebiasaan buruk tersebut juga berpotensi mengalami "missed feeling" yang dapat membahayakan nyawa. Bukan hanya nyawa diri sendiri, tapi juga orang lain.

Menurut Samsudin, kadar feeling antara kaki kanan dan kiri saat melakukan pengereman dengan mobil matic sangat berbeda. Kaki kiri lebih sering sigunakan untuk menginjak pedal kopling yang dalam.

Jika ini dilakukan pada pedal rem, maka mobil akan berhenti secara mendadak. Jelas hal ini dapat membahayakan diri sendiri juga orang lain. Bukan tidak mungkin akan terjadi kecelakaan beruntun.



Untuk itu disarankan untuk selalu menggunakan kaki kanan untuk pengereman mobil matik, bergantian dengan pedal gas.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2467 seconds (0.1#10.140)