Jerman Produksi Sepeda dari Plastik Daur Ulang

Minggu, 05 Juni 2022 - 20:18 WIB
loading...
Jerman Produksi Sepeda dari Plastik Daur Ulang
Igus buat sepeda dari palasti daur ulang. FOTO/ IST
A A A
JAKARTA - Perusahaan asal Jerman, Igus sukses membuat sepeda yang terbuat dari plastik daur ulang . Ini merupakan yang pertama di dunia yang dikalim tidak perlu dilakukan perawatan karena anti karat.

Dilansir dari laman resmi Igus, Minggu (5/6/2022), sepeda mulai bisa dipesan dan diproduksi pada akhir tahun 2022. Lalu selanjutnya akan dikirim ke rumah konsumen awal tahun 2023 mendatang.

BACA JUGA - Lawan Brompton, KTM dan Harley-Davidson Produksi Sepeda Gaya-Gayaan

Igus sendiri telah mengembangkan sepeda daur ulang ini selama bertahun-tahun. Hingga akhirnya sekarang telah menghadirkannya dengan konsep sepeda perkotaan yang ramah lingkungan, kokoh, dan tahan lama.

Igus menyebut bahwa inovasinya ini seluruhnya terbuat dari plastik, mulai dari rangka, jok, hingga rantai. Igus mengklaim dengan material yang digunakan sepeda akan tahan di segala cuaca.

"Karena semua komponen terbuat dari plastik, tidak ada bagian dari sepeda yang berkarat, bahkan roda gigi,” kata Frank Blase, CEO igus.

Frank mengatakan, keungggulan lain dari sepeda baru ini adalah material plastik yang digunakan awalnya diperuntukan untuk sekali pakai saja. Namun dengan teknologi yang ia miliki, maka semuanya dimungkinkan.

“Plastik di tempat pembuangan sampah di seluruh dunia menjadi sumber daya yang berharga,” jelas Blase.

"Dari sampah plastik laut hingga plastik botol, konsep sepeda igus memiliki apa yang diperlukan untuk menjadi produk ekologis berteknologi tinggi,” tambahnya.

Lebih lanjut, menurutnya, semua komponen memiliki pelumas padat yang terintegrasi yang fungsinya sama seperti oli. Jadi dengan pelumas ini, sepeda tidak memerlukan oli cair setetes pun.

Igus mengaku akan mengembangkan sepeda dari plastik daur ulang dalam versi lain dalam beberapa waktu kedepan. Ini termasuk e-bike, yang juga seluruh materialnya terbuat dari bahan daur ulang.

Tidak hanya itu, cita-cita lain Igus adalah menghadirkan fasilitas manufaktur di dekat tempat pembuangan sampah plastik di seluruh dunia.

"Kami punya lebih banyak ide. Diharapkan akan meyakinkan banyak orang yang masih skeptis tentang plastik," pungkas Blase.

Untuk diketahui, sepeda daur ulang Igus dibandrol dengan harga yang terbilang murah, yakni seharga 1.200 euro atau setara Rp 18,5 juta.
(wbs)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2900 seconds (11.210#12.26)