Cara Mengatasi Mobil Keluar Asap Putih dari Knalpot dan Kap Mesin, Jangan Asal-asalan

Jum'at, 10 Juni 2022 - 16:00 WIB
loading...
Cara Mengatasi Mobil Keluar Asap Putih dari Knalpot dan Kap Mesin, Jangan Asal-asalan
Cara mengatasi mobil keluar asap putih memerlukan ketelitian dan kemampuan mekanik yang baik. Foto/IST
A A A
JAKARTA - Cara mengatasi mobil keluar asap putih dari knalpot dan kap mesin ternyata perlu ketelitian. Jangan bertindak asal-asalan karena kerusakan yang membuat knalpot dan kap mesin keluar asap putih merupakan salah satu tanda kerusakan yang krusial.

Tindakan yang paling dianjurkan untuk mengatasi masalah ini sebenarnya adalah membawa mobil Anda ke bengkel langganan atau bengkel resmi. Pasalnya ada banyak indikasi kerusakan kompleks yang membuat knalpot dan kap mesin mengeluarkan asap putih.

Namun, ada baiknya Anda memahami apa saja penyebab knalpot dan kap mesin mengeluarkan asap putih . Setidaknya Anda akan mengerti jika mekanik bengkel akan melakukan beberapa tindaka ke mobil Anda.



Nah, untuk itu yuk pahami penyebabnya:

1. Asap Putih Keluar dari Knalpot
Cara Mengatasi Mobil Keluar Asap Putih dari Knalpot dan Kap Mesin, Jangan Asal-asalan


Asap putih keluar dari knalpot ada dua jenis. Pertama yang tipis dan lama-lama menghilang dan tebal. Untuk yang tipis dan lama-lama menghilang adalah reaksi alami karena merupakan reaksi kondensasi. Beda jika asap putihnya tebal. Itu artinya ada beberapa kondisi yang menyebabkan asap putih keluar dari knalpot. Nah, penyebabnya adalah di bawah ini:

- Mobil sudah berumur.
- Air coolant terbakar mesin.
- Bore silinder dan ring piston aus.
- Kerusakan pada PCV valve.
- Seal valve bermasalah.

Jadi pusat masalah memang ada di bagian mesin. Sebaiknya Anda jangan melakukan tindakan sembrono jika ingin melakukan perbaikan tanpa bantuan tenaga ahli. Kecuali Anda memiliki latar belakang teknis yang memang sesuai.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2959 seconds (0.1#10.140)