Penyebab Busi Motor Hitam dan Basah yang Bikin Mesin Susah Hidup

Selasa, 14 Juni 2022 - 13:05 WIB
loading...
Penyebab Busi Motor Hitam dan Basah yang Bikin Mesin Susah Hidup
Penyebab busi motor hitam dan basah. FOTO/ DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Penyebab busi motor hitam dan basah adalah suatu tanda pembakaran di ruang bakar tidak sempurna, alias jele Busi motor merupakan komponen yang ada di dalam kendaraan di mana fungsinya untuk membantu proses di ruang pengapian mesin.

Setelah Anda mengetahui apa yang dimaksud dengan busi hitam, bagian dan fungsinya selanjutnya adalah mengenai penyebab busi motor hitam dan basah.



Seperti dilansir dari situs SIS, ada beberapa penyebab busi motor hitam dan basah yang sering terjadi di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Kualitas Busi Tidak Cocok dengan Mesin

Penyebab pertama mengapa busi pada motor Anda hitam dan basah adalah kualitasnya tidak sesuai dengan mesin. Selain bahan bakar, busi pada motor juga harus berkualitas agar mesin bisa digunakan dengan maksimal.

Hal ini disebabkan oleh ruang pembakaran membutuhkan api yang besar, dan hanya bisa terpenuhi jika kualitas businya bagus.

Anda harus memilih busi yang memang direkomendasikan untuk jenis motor. Sebaiknya Anda tidak membeli busi yang terbuat dari platinum karena performanya rendah.
.
2. Merembesnya Oli Pada Mesin

Penyebab busi motor hitam dan basah yang selanjutnya adalah karena oli pada mesin merembes masuk ke ruang pembakaran.

Hal ini bisa terjadi karena piston mengalami aus sehingga muncul deposit pembakaran yang berpengaruh pada kondisi busi.

Jika masalah ini terjadi pada kendaraan, Anda bisa langsung mengganti businya dengan yang baru.

3. Filter pada Motor Kotor

Penyebab berikutnya adalah kotornya bagian filter. Biasanya orang tidak akan menyadari hal ini, padahal sangat penting untuk diketahui.

Jika filter motor kotor, maka fungsinya tidak akan bekerja dengan baik. Filter tidak bisa menyaring kotoran sehingga mengalami penumpukan pada motor.

4. Adanya Banyak Campuran Pada Bahan Bakar

Penyebab berikutnya adalah terdapatnya banyak campuran pada bensin Anda.

Campuran ini biasanya menumpuk pada bagian elektroda busi sehingga basah dan menghitam. Selain itu, hal ini juga akan membuat bahan bakar Anda menjadi cepat habis.

5. Adanya Masalah Pada Setelan Karburator

Penyebab yang terakhir mengapa busi pada motor bisa cepat basah dan menghitam adalah karena adanya masalah di bagian karburator.

Hal ini biasanya terjadi karena Anda tidak bisa memasang setelan karburator dengan benar sehingga tekanan udara di dalam tidak normal.

Penyebab busi motor hitam dan basah tersebut bisa diterapkan jika motor Anda jalannya mulai tersendat atau susah hidup.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4225 seconds (0.1#10.140)