Ini Penyebab Selang Radiator Mobil Bocor, Hati-Hati!

Rabu, 15 Juni 2022 - 16:05 WIB
loading...
Ini Penyebab Selang Radiator Mobil Bocor, Hati-Hati!
Sedikitnya ada tiga penyebab selang radiator mobil bocor. Foto DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sedikitnya ada tiga penyebab selang radiator mobil bocor. Dengan memahami ulasan ini, pemilik kendaran bisa meminimalisir kemungkinan kerusakan yang terjadi pada komponen tersebut.

Dalam jenisnya, komponen mobil memiliki peranan penting yang menunjang performanya. Namun, terkadang berbagai masalah mobil muncul dan tidak terdeteksi oleh pemilik kendaraan. Salah satunya adalah masalah selang radiator mobil yang bocor.

Baca juga : Pemicu Radiator Mobil Bocor Mendadak saat di Jalan

Selang radiator merupakan komponen dalam sistem pendingin mobil yang terbuat dari karet elastis dan jalinan benang di dalamnya. Dalam fungsinya, selang radiator ini membawa cairan pendingin ke mesin dan berbagai komponen lainnya.

Mobil dengan kondisi selang radiator bocor bisa membuat sistem pendingin menjadi tidak optimal. Akibatnya mesin bisa mengalami overheat dan merusak beberapa komponen lainnya.

Lantas, apa sajakah penyebab selang radiator mobil bocor? Dilansir dari situs Auto 2000, berikut ulasannya :

1. Kondisi Selang Radiator Kendor

Penyebab selang radiator mobil bocor yang paling umum adalah kendornya komponen selang tersebut. Dalam hal ini, pemilik kendaraan bisa memeriksanya sendiri.

Tanda kebocoran bisa dilihat dengan ditemukannya tetesan di sekitar klem atau konektor selang. Biasanya hal ini terjadi karena kondisi selang radiator yang kendor. Pengendara cukup mengencangkan klem atau mengaturnya berdasarkan kondisi suhu kendaraan.

Baca juga : 5 Tanda Radiator Mobil Bermasalah, Cek Apa Saja!
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1288 seconds (0.1#10.140)