Cara Mandiri Bikin AC Mobil Tetap Sejuk, Nyaman dan Sehat

Jum'at, 17 Juni 2022 - 14:00 WIB
loading...
Cara Mandiri Bikin AC Mobil Tetap Sejuk, Nyaman dan Sehat
AC mobil yang sejuk, nyaman dan sehat ternyata bisa didapat dengan melakukan perawatan mandiri. Foto/DOK. Sejuk AC Sukses
A A A
JAKARTA - AC mobil menjadi salah satu sistem yang vital dalam kendaraan kita. Selain meningkatkan kenyamanan dengan menjaga kabin tetap sejuk, sistem AC mobil yang terawat juga membuat udara yang bersirkulasi di dalam kabin tetap terjaga kebersihannya.

Untuk menjaga kinerja sistem AC tetap prima, selain perawatan rutin di bengkel spesialis, ada beberapa hal yang bisa kita lakukan secara mandiri untuk membuat AC mobil kita tetap sejuk dan sehat.

Jadi setidaknya Anda bisa menjaga kondisi AC mobil tetap prima. Bahkan bisa juga untuk menghindari kerusakan akibat penggunaan AC yang tidak baik dan benar .



Nah, untuk itu yuk cermati langkah-langkahnya di bawah ini:

Cara Mandiri Bikin AC Mobil Tetap Sejuk, Nyaman dan Sehat


1. Selalu Jaga Kebersihan Kabin Mobil

Hal ini sepele namun penting. Selalu menjaga kebersihan kabin dari sisa-sisa makanan dan minuman yang tercecer dan debu-debu kotoran yang menempel di bagian karpet.

Ini membuat partikel debu atau kotoran tersebut menempel pada sistem sirkulasi AC. Semakin sering terhisap, maka akan mempercepat penumpukan kotoran di bagian filter kabin, dan dapat menimbulkan aroma yang kurang sedap.

2. Hindari Merokok dalam Kabin.

Kebiasaan merokok di dalam kabin bisa membuat kinerja filter AC menjadi berat, sehingga diperlukan penggantian filter AC yang lebih sering. “Ini lantaran debu dan asap rokok membuat filter udara berwarna kecoklatan, lengket dan tak mudah dibersihkan dengan udara bertekanan,” jelas Rohim, pemilik bengkel Sejuk AC Sukses, Authorized Dealer Denso di daerah Jl. Joglo Raya No.48, Jakarta Barat. Kalau sudah begini, solusi terbaiknya dengan melakukan penggantian filter AC lebih sering.

3. Hindari Sering Membuka Kaca Mobil saat Berkendara.

AC mobil sejatinya merupakan sistem sirkulasi tertutup yang menggunakan udara di dalam kabin untuk didinginkan secara berulang. “Terlalu sering membuka kaca saat kondisi AC dinyalakan, membuat udara di kabin tercampur dengan udara di luar mobil berdebu, kotor dan juga lebih panas, sehingga membuat kompresor bekerja lebih ekstra untuk membuat kabin tetap sejuk dan dingin,” jelas Rohim lagi.

4. Gunakan Kaca Film Berkualitas.

Selain karena kinerja sistem AC yang baik, suhu kabin yang adem juga ditunjang pula dengan aplikasi kaca film yang mempunyai daya tolak panas yang maksimal. Ini agar menghalau panas dari luar tidak masuk ke dalam kabin, sehingga sistem AC juga tak perlu bekerja ekstra keras untuk mendinginkan kabin terus menerus.

Cara Mandiri Bikin AC Mobil Tetap Sejuk, Nyaman dan Sehat


5. Cek Kinerja Sistem AC Secara Berkala.

Kualitas kerja AC yang baik dan awet, tak lepas dari perawatan berkala. Lantaran kurang diperhatikan, walaupun ada satu komponen mengalami kerusakan atau masalah, dapat menyebabkan sistem AC bisa terganggu secara keseluruhan.



Nah, cara-cara di atas adalah cara mandiri yang bisa Anda lakukan agar pendingin ruangan mobil tetap terasa nyaman, sejuk dan sehat. Namun ada kalanya AC perlu mendapatkan perawatan yang sangat khusus.

Hal itu membutuhkan bantuan dari tenaga ahli atau bengkel spesialis AC. Saat ini banyak bengkel spesialis AC yang bisa Anda pertimbangkan. Salah satunya adalah authorized Dealer Denso, Sejuk AC Sukses.

Berbagai paket perawatan juga dihadirkan mulai dari perawatan ringan yang terdiri dari pekerjaan penggantian filter kabin, pencucian evaporator menggunakan borescope, pengecekan kondisi freon dan juga penghilang bau tak sedap menggunakan produk Denso Cleverin.

Denso Cleverin mampu mengembalikan aroma segar dan nyaman dalam kabin. Denso Cleverin berbentuk cairan dalam cartridge yang dimasukkan ke dalam sejenis generator dan menyebarkan zat cleverin pembunuh kuman dan bakteri ke seluruh bagian kabin.

Melakukan perawatan berkala (rutin) pada sistem AC sekitar 6 bulan sekali (setiap 10.000 km) juga punya manfaat yang besar. Dengan pengecekan dan perawatan setiap komponennya, dapat menghindari kerusakan fatal seperti penggantian satu sistem AC yang biaya cukup besar.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3377 seconds (0.1#10.140)