Cara Mengatasi Kopling Mobil Los di Jalan sebelum ke Bengkel

Jum'at, 17 Juni 2022 - 17:21 WIB
loading...
A A A
Salah satu penyebab keausan adalah masa pakai yang telah terlalu lama misalnya belum pernah diganti sejak pertama membeli. Selain itu bisa saja karena kesalahan penggunaan kendaraan, seperti beban yang overload.

2. Pegas Kopling Lemah

Bila kondisi pegas kopling semakin lemah, maka tidak dapat dipungkiri akan menyebabkan kopling mobil selip. Pegas kopling sendiri memiliki fungsi guna menekan pressure plate supaya bisa meneruskan gaya tekanan ke kampas kopling. Dikala kampas alami penekanan dari pressure plate, maka tenaga dari mesin menuju transmisi bisa disalurkan.

Namun jika pegas kopling lemah, maka pressure plate tidak akan mampu menekan kampas. Alhasil, kendaraan akan alami kopling selip dan tenaga putar dari mesin tidak bisa diteruskan dengan baik.

Untuk atasi penyebab kopling selip ini, alangkah baiknya jika Anda langsung mengambil tindakan membawa mobil ke tempat servis resmi.

3. Jarak Main Bebas Pedal Kopling Terlalu Rapat

Asal Anda tahu, jarak main bebas ini sebetulnya diperlukan guna memberikan jarak untuk hindari selip. Tatkala Anda menyetelnya terlalu rapat, hal ini akan membuat kendaraan kesayangan berada dalam posisi sudah menekan.

Sehingga pressure plate akan tertarik ke belakang dan berakibat jepitan pada kampas kopling menjadi kendor.

Alhasil, akan terjadi gesekan kampas kopling dengan komponen bernama flywheel dan pressure plate yang sangat kuat. Dengan begitu, kampas kopling tersebut akan semakin panas dan cepat alami selip.

Bila Anda tidak menginginkan keadaan ini terjadi pada mobil, maka cobalah untuk tidak melakukan jarak main bebas yang terlalu rapat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2320 seconds (0.1#10.140)