Cara Memperbaiki Door Lock Pintu Mobil

Senin, 20 Juni 2022 - 13:00 WIB
loading...
Cara Memperbaiki Door Lock Pintu Mobil
Penyebab door lock pintu mobil rusak bisa jadi karena kawat penghubung yang ada di dalamnya putus. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Door lock menjadi fitur penting untuk keselamatan berkendara. Namun, ada kalanya door lock mengalami masalah. Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan door lock mobil rusak.

Umumnya, kerusakan yang terjadi pada door lock mobil adalah akibat putusnya kawat penghubung yang ada di dalamnya. Kawat ini berfungsi untuk menghubungkan bagian motor serta tuas pembuka atau penutup kunci.

Kawat penghubung door lock yang rusak akan membuat pergerakan listrik motor tidak tersalurkan dengan baik. Kalau sudah begini, sudah sepatutnya segera dilakukan perbaikan, mengingat door lock sendiri berkaitan langsung dengan keselamatan. Lantas bagaimana caranya? Berikut langkah-langkahnya melansir blog Auto2000:

1. Memeriksa Kawat Penghubung
Seperti yang telah disebutkan di atas, penyebab door lock pintu mobil rusak bisa jadi karena kawat penghubung yang ada di dalamnya putus. Maka dari itu, periksa bagian kawat dengan cermat.

Jika ada bagian kawat yang putus, solusinya adalah harus menggantinya dengan kawat yang baru. Namun, jika kawat hanya terpotong di bagian ujungnya, bisa regangkan sedikit agar bisa dipasang pada baut.

2. Pemeriksaan Sekring
Cara memperbaiki door lock pintu mobil yang rusak selanjutnya adalah dengan memeriksa sekringnya. Untuk melakukan hal tersebut, dibutuhkan multimeter atau alat pengukur tegangan listrik.

Agar door lock pintu mobil dapat bekerja dengan baik, tegangan listrik harus dapat mengalir dengan baik pula. Untuk menangani hal ini, sebaiknya bawa mobil ke tenaga profesional.

3. Periksa Bagian Modul
Salah satu elemen penting yang menunjang pengoperasian door lock mobil adalah bagian modul. Elemen ini mengontrol proses pembukaan atau penguncian pintu mobil secara otomatis.

Jika elemen modul tidak berfungsi dengan baik, maka door lock mobil tidak akan berfungsi dan harus segera diperbaiki. Namun, jika remote mobil masih bisa dioperasikan, artinya masalah bukan pada modulnya.

4. Periksa Suku Cadang Motor Penggerak
Bagian ini dapat secara otomatis menarik kunci pintu, ketika dioperasikan untuk mengunci, akan muncul magnet yang kemudian mengunci pintu mobil karena plunger ditarik oleh magnet.



Jika bagian ini rusak, jelas pintu mobil tidak akan dapat terkunci dengan baik. Maka dari itu, lakukanlah emeriksaan secara berkala untuk menghindari terjadinya hal seperti ini pada mobil kesayangan.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1849 seconds (0.1#10.140)