Ciri Tutup Radiator Rusak yang Perlu Diperhatikan Pengendara

Senin, 20 Juni 2022 - 15:21 WIB
loading...
Ciri Tutup Radiator Rusak yang Perlu Diperhatikan Pengendara
Bagi pemilik kendaraan tentunya harus memahami ciri tutup radiator rusak. Foto DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Bagi pemilik kendaraan tentunya harus memahami ciri tutup radiator rusak. Dengan begitu, Anda bisa meminimalisir kerusakan dan biaya perbaikannya.

Radiator merupakan komponen penting dalam setiap kendaraan. Termasuk juga tutup radiator. Fungsi tutup ini bukan sekadar menjadi tutup saja namun juga memiliki fungsi penting dalam mengendalikan air di dalam radiator.

Baca juga : Pemicu Radiator Mobil Bocor Mendadak saat di Jalan

Karena itu tutup ini harus mampu menahan tekanan air radiator terutama ketika temperatur sudah tinggi. Komponen ini juga harus bisa bertanggung jawab dalam pendinginan suhu air radiator yang terbawa panas mesin. Maka dari itu bila tutup radiator ini rusak harus segera diganti. Untuk hal yang menyebabkan tutup ini rusak terdapat beberapa ciri.

Berikut ciri tutup radiator rusak seperti dilansir dari berbagai sumber :

1. Karet katup pressure valve getas dan pecah

Ciri tutup radiator rusak yang pertama berkaitan dengan pressure valve yang berfungsi untuk menjaga tekanan di dalam saluran sistem pendingin supaya selalu seimbang dan stabil.

Apabila karet pada katup pressure valve getas, pecah, maupun sobek, hal ini bisa disebabkan oleh tekanan di dalam saluran sistem pendingin yang meningkat dan kekuatan tekanan melebihi kemampuan pegas pada pressure valve.

Ini berdampak pada karet katup menjadi rusak dan mengakibatkan aliran air keluar dari pressure valve.

2. Reservoir tank radiator selalu penuh
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4663 seconds (0.1#10.140)