RX King Setan, Harta Karun yang Entah di Mana Keberadaanya

Senin, 20 Juni 2022 - 16:41 WIB
loading...
RX King Setan, Harta Karun yang Entah di Mana Keberadaanya
Ada banyak Yamaha RX King yang beredar di Indonesia, namun ada satu RX King yang sangat misterius keberadaanya. FOTO/ DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Yamaha RX King memang telah menjadi motor paling legendaris dan menjadi harta karun di Indonesia. Namun dari semua RX King yang beredar ada RX King yang sangat misterius keberadaannya, RX King berwarna merah jago cari duit hingga ratusan juta rupiah sekali turun.

Tahun 1999 - 2000-an, ada Yamaha RX-King Setan dari Surabaya Motor (SBM) yang terkenal sering di pakai adu kebut di jalan Perintis Kemerdekaan dan Kemayoran Jakarta. Namun 22 tahun berlalu motor ini sangat misterius keberdaanya.

BACA JUGA - Perjalanan Yamaha RX Series di Indonesia

Namun segudang cerita mistis melekat pada motor jambre yang satu ini, walaupun hingga kini kebenaraanya masih sulit dibuktikan. Walaupun banyak saksi-saksi yang tahu riwayat RX King Setan.

Untuk menelusuri jejak mistis RX King Setan, SINDOnews mencoba mengumpulkan data dari berbagai sumber. Di masa jayanya, awal tahun 2000-an, motor Yamaha RX KING ini cukup santer dibicarakan penikmat balap lurus Liar karena kedigdayaannya di arena balap.

Menurut Cak Doel mekaniknya pada saat itu, RX-King Setan ini pernah meraup setidaknya setengah miliar atau Rp500 Juta dari taruhan balap liar.

Cak Doel pernah mengaku setingan RX King Setan hanya menggunakan piston Oversize 100 Pilot jet 35 dan main jet 220, Gir 14 depan dan 29 belakang .

Namun cerita mengenai Yamaha RX-King Setan tak berhenti disitu saja, banyak cerita Yamaha RX-King Setan, dari sang mekanik yang disebut main dukun hingga motor ini mampu melesat seperti setan atau Kesetanan.

Bahkan EQ mekanik bengkel Silouman di daerah Kramat Jaya Tanjung Priok, menurutnya RX King Setan oprekanya pernah melawan King Setan di Kemayoran dan kalah.

''Mistis bang King Setan, sebelum balap aja ditutup pakai kain Hitam, percaya engga percaya bau menyan memang tercium di area motor itu,'' tutur EQ kepada SINDOnews.

Sementara itu Bunbun mantan joki balap liar Kemayoran mengaku, banyak orang menganggap RX King Setan emang benar-benar dibantu setan, padahal menutnya itu memang asli kepiawaian oprekan mekaniknya.

''Kata orang ada jin-jin kuat yang ikut berperan bantuin si Setan ataupun menganggu laju motor lawannya.Tapi saya pribadi sih Ini murni skill joki dan rahasia settingan motoy. Memang melawan King Setan memang bikin merinding ," tegas Bunbun.
(wbs)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1804 seconds (10.55#12.26)