Tips Menyalip Mobil dengan Benar, Penting Agar Selamat di Jalan!

Selasa, 21 Juni 2022 - 09:00 WIB
loading...
Tips Menyalip Mobil dengan Benar, Penting Agar Selamat di Jalan!
Mendahului mobil perlu perhitungan yang matang agar tidak terjadi kecelakaan. Foto: Sindonews/Danang Arradian
A A A
JAKARTA - Sebuah mobil jenis Honda Jazz menabrak puluhan motor di depan SMK Negeri 1 Pemalang, Jawa Tengah. Berdasarkan keterangan saksi, ini terjadi karena mobil Honda Jazz tersebut gagal menyalip.

Saksi memaparkan, semula mobil Honda Jazz itu hendak menyalip , namun gagal. Akhirnya pengemudi membanting stir ke kiri dan menabrak sejumlah sepeda motor yang sedang terparkir di bahu jalan.

Beruntung, meskipun puluhan mengalami kerusakan, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Dugaan sementara pengemudi mobil Honda Jazz warna merah tersebut belum mahir mengemudi.

Untuk diketahui, menyalip memang butuh keahlian dan tidak boleh dilakuian secara sembarangan. Berikut ini adalah tips menyalip mobil yang benar dan aman:

Pastikan Kondisi Sekitar
Hal pertama yang perlu dilakukan ketika hendak menyalip adalah memastikan kondisi aman, tidak ada kendaraan lain di depan alias kosong. Pastikan juga kondisi jalan bukan di tikungan.

Mengecek Spion
Jika kondisi jalan di depan sudah aman. Selanjutnya adalah mengecek spion. Ini dilakukan untuk memastikan kondisi jalan bersih, tidak ada kendaraan lain yang juga ingin menyalip dari belakang.

Disarankan mengecek spion pada bagian samping serta tengah. Jika dinilai ada kemungkinan akan terkena bahaya dari belakang, maka jangan nekat, khususnya yang masih pemula.

Pastikan Mobil Kuat Menyalip
Pastikan kondisi mobil mampu untuk menyalip. Jika kendaraan bermuatan banyak orang atau barang, ini mungkin akan sulit menyalip karena beban mobil semakin berat. Jadi, jangan dipaksakan.

Untuk mobil bertransmisi manual bisa menurunkan posisi gigi untuk mendapat tenaga yang cukup. Sementara untuk mobil matik lakukan kickdown atau matikan menu overdrive.

Nyalakan Sein
Jika dirasa benar-benar aman untuk menyalip. Jangan lupa untuk menyalakan lampu sein. Ini penting dilakukan untuk memberi tanda bagi mobil yang lain jika ingin menyalip.



Jangan Asal Ikut Kendaraan Depan
Jangan asal mengikuti langkah kendaraan di depan. Pastikan dulu kondisinya aman untuk menyalip. Pasalnya kita tidak pernah tahu kondisi jalan di depan jika terhalang oleh kendaraan lain. Ada baiknya biarkan mobil di depan terlebih dulu menyalip, lalu jika dilihat masih aman untuk menyalip maka silakan mendahuli. Asal menyalip mengikuti kendaraan di depan sangat membahayakan.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3062 seconds (0.1#10.140)