Siap-siap, Blackbox di Mobil akan Dilengkapi Kamera Dalam

Sabtu, 25 Juni 2022 - 16:00 WIB
loading...
Siap-siap, Blackbox di Mobil akan Dilengkapi Kamera Dalam
Saat ini sudah sebanyak 99,5 persen mobil baru di Amerika Serikat dilengkapi dengan blackbox. Foto/IST
A A A
JAKARTA - Badan Keselamatan Jalan Raya Amerika Serikat atau National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) akan memuktahirkan blackbox yang ada di dalam mobil. Salah satunya adalah kamera yang menghadap ke sopir.

Pemuktahiran blackbox itu merupakan salah satu usaha yang dilakukan oleh NHTSA untuk mendapatkan data-data kendaraan terutama saat terjadi kecelakaan. Saat ini menurut mereka blacbox yang tersedia di mobil belum begitu komprehensif untuk menemukan penyebab terjadinya kecelakaan.

Beberapa bagian yang akan dimuktahirkan di antaranya adalah waktu perekaman data sebelum terjadinya kecelakaan. Sebelumnya seluruh blackbox yang ada di mobil baru hanya merekam data lima detik sebelum kecelakaan terjadi.



Siap-siap, Blackbox di Mobil akan Dilengkapi Kamera Dalam


Nantinya seluruh blackbox harus merekam data selama 20 detik sebelum tabrakan terjadi. Selain itu, juga terdapat wacana penggunaan kamera yang menghadap sopir untuk mengetahui gaya berkendara sebelum kecelakaan terjadi.

Disebutkan Carbuzz, pemuktahiran blackbox mobil itu sebenarnya sudah harus dilakukan pada 2020. Pasalnya regulasi pemuktahiran itu sudah diajukan ke lembaga terkait untuk disahkan pada 2015.



Hanya saja pemberlakuannya terpaksa mundur karena alasan pandemi Covid-19 dimana perusahaan otomotif harus mengencangkan biaya pengeluaran. Direncanakan pemuktahiran itu baru berjalan pada Septembe 2023.

NHTSA menyebutkan saat ini sudah 99,5 persen mobil baru yang dijual di Amerika Serikat sudah dilengkapi blackbox. Jadi pemuktahiran blackbox diharapkan bisa mencapai angka yang sama.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2544 seconds (0.1#10.140)