Ciri Relay Starter Mobil Rusak, Kenali dan Pahami

Selasa, 28 Juni 2022 - 19:43 WIB
loading...
Ciri Relay Starter Mobil Rusak, Kenali dan Pahami
Bagi para pengendara tentu harus memahami ciri relay starter mobil rusak. Foto DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Bagi para pengendara tentu harus memahami ciri relay starter mobil rusak. Kondisi ini biasanya ketika kunci starter yang telah diputar namun mobil sulit untuk menyala.

Komponen pada kendaraan yang memiliki fungsi untuk menjadi pengaman sekaligus saklar elektromagnetik ini adalah relay starter mobil. Komponen kelistrikan ini nantinya akan mengaktifkan dinamo starter untuk menyalakan mesin.

Baca juga :Ini 4 Penyebab Starter Mobil Berat yang Perlu Diperhatikan

Sehingga bila relay starter ini rusak sudah dipastikan mesin sulit menyala. Namun ada juga ciri lain yang bisa menjelaskan kondisi kerusakan ini.

Mengenal ciri relay starter mobil rusak seperti dilansir Auto2000 :

1. Body Relay Starter menjadi Hitam Menggelembung

Ciri relay starter mobil rusak yang pertama ini harus diperhatikan dengan cara membongkar kotak relay dalam mesin mobil supaya bisa tahu apakan penyebab mesin mobil yang tidak bisa menyala benar disebabkan oleh relay starter mobil.

Ketika melihat ke dalam mesin kendaraan ini cobalah perhatikan pada relay yang mirip dengan sekring berbentuk persegi. Jika terlihat komponen tersebut berwarna hitam, dengan bentuk bodi yang menggembung seolah habis terbakar, maka itu berarti relay rusak.
Kondisi ini biasanya disebabkan oleh komponen di dalamnya rusak karena panas berlebih. Sehingga, bentuk komponen ini mirip benda terbakar.

2. Dinamo Starter Tidak Bereaksi

Relay starter mobil merupakan komponen yang bertanggungjawab untuk menyalakan dinamo starter mobil, maka salah satu ciri-ciri relay starter mobil rusak adalah tidak adanya reaksi pada dinamo.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3482 seconds (11.252#12.26)