Penyebab Aki Mobil Panas yang Bisa Jadi Mimpi Buruk Kendaraan Kesayangan

Rabu, 29 Juni 2022 - 08:00 WIB
loading...
Penyebab Aki Mobil Panas yang Bisa Jadi Mimpi Buruk Kendaraan Kesayangan
Penyebab aki mobil panas dapat dipahami dari berbagai sisi. Foto/IST
A A A
JAKARTA - Penyebab aki mobil panas ternyata bisa jadi mimpi buruk kendaraan kesayangan Anda. Pahami penyebab dan akibat negatifnya.

Aki jika diterjemahkan ke bahasa Inggris memang disebut battery. Jadi fungsi aki memang sama dengan fungsi baterai adalah menyimpan arus listrik yang kemudian digunakan untuk menjalankan berbagai kebutuhan.

Seperti baterai-baterai lain yang biasa digunakan untuk perangkat elektronik, aki juga bisa panas. Mirip juga dengan baterai di ponsel pintar, aki yang terus-terusan panas bisa menggelembung.

Dan jangan kaget, seperti baterai ponsel yang bisa meledak, aki kendaraan baik itu di mobil atau di motor juga bisa mengalami hal yang sama. Namun, untuk mengetahui penyebab aki mobil panas tidaklah mudah.

Penyebab masalah tersebut hanya bisa dicari tahu bila mesin mobil sedang hidup atau aki dalam kondisi “charge and discharge”. Perlu diperhatikan jika panas yang muncul pada aki dihasilkan oleh proses “charge and discharge” yang tidak semestinya, biasanya jika proses pengisian terlampau berlebihan maka air aki terlihat mendidih dan berbau, alih-alih sekadar panas.

Baca juga : Inden Mobil Sampai Setahun, MINI Kirim Mainan Buat Konsumen

Selengkapnya, berikut ini adalah penyebab aki panas yang perlu diwaspadai oleh pengguna mobil:

1. Terjadi Korsleting pada Aki

Aki mobil yang panas dapat terjadi akibat kondisi pada aki yang mengalami short circuit (korsleting), kotor, rusak, atau beberapa elemen aki tidak dapat menyimpan arus listrik yang dihasilkan oleh alternator. Kejadian ini sering dialami oleh aki mobil yang sudah terlalu tua dan lama digunakan.

Saat air aki kotor, kotoran tersebut dapat menyumbat dan membuat hubungan arus pendek antara pelat positif aki dan pelat negatif aki. Korsleting yang terjadi pada aki akan menyebabkan panas yang berlebihan, bahkan dapat membuat air aki mendidih, kering, dan kemungkinan besar aki akan meledak.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1381 seconds (11.210#12.26)