Ini Ciri-Ciri Dinamo Starter Mobil Rusak dan Cara Mengatasinya, Dijamin Mudah

Selasa, 05 Juli 2022 - 21:31 WIB
loading...
Ini Ciri-Ciri Dinamo Starter Mobil Rusak dan Cara Mengatasinya, Dijamin Mudah
Bagi para pengendara tentunya harus memahami ciri ciri dinamo starter mobil yang rusak. Foto DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Bagi para pengendara tentunya harus memahami ciri ciri dinamo starter mobil yang rusak. Dengan begitu, Anda tidak perlu lagi khawatir akan mengalami mati mesin ketika dalam perjalanan.

Fungsi dinamo starter pada mobil ini berguna untuk membantu efisiensi dalam menyalakan mesin mobil. Apabila terdapat kerusakan atau telah melemah tentunya membuat mobil akan sulit untuk dihidupkan.

Baca juga : Ciri Relay Starter Mobil Rusak, Kenali dan Pahami

Untuk mencegah hal tersebut, terdapat berbagai ciri yang menjadi indikasi akurat bahwa dinamo mengalami kerusakan.

Berikut ciri-ciri dinamo starter mobil rusak seperti dilansir dari berbagai sumber :

1. Terdapat Bunyi Mendesing dan Bergemeretak

Suara ini biasanya ditimbulkan dari kaitan antara gigi-gigi yang ada di gear pinion dan gigi-gigi pada ring gear dari mesin. Ketika menemukan dua gigi pada dinamo starter rusak atau aus, pastilah akan mengeluarkan suara gemeretak ini.

Ketika suaranya semakin keras, itu pertanda kerusakan yang terjadi sudah semakin parah. Faktor lain yang sering terjadi yaitu munculnya suara yang sangat mendesing ketika mobil distarter atau mulai dihidupkan. Biasanya bunyi mendesing akan terjadi ketika bearing one way yang ada di bagian pinion gear terdapat kerusakan.

Sehingga poros armature yang seharusnya memberikan sebuah putaran untuk pinion gear dan justru berputar dengan sendirinya atau sering disebut dengan starter loss. Kondisi ini akan membuat suara menjadi sangat mendesing, namun tak ada tanda-tanda bahwa mesin akan ikut berputar.

2. Mesin Mobil Sulit Untuk Dinyalakan dalam Kondisi Panas
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1723 seconds (10.101#12.26)