Ini Ciri-Ciri Dinamo Starter Mobil Rusak dan Cara Mengatasinya, Dijamin Mudah

Selasa, 05 Juli 2022 - 21:31 WIB
loading...
Ini Ciri-Ciri Dinamo Starter Mobil Rusak dan Cara Mengatasinya, Dijamin Mudah
Bagi para pengendara tentunya harus memahami ciri ciri dinamo starter mobil yang rusak. Foto DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Bagi para pengendara tentunya harus memahami ciri ciri dinamo starter mobil yang rusak. Dengan begitu, Anda tidak perlu lagi khawatir akan mengalami mati mesin ketika dalam perjalanan.

Fungsi dinamo starter pada mobil ini berguna untuk membantu efisiensi dalam menyalakan mesin mobil. Apabila terdapat kerusakan atau telah melemah tentunya membuat mobil akan sulit untuk dihidupkan.

Baca juga : Ciri Relay Starter Mobil Rusak, Kenali dan Pahami

Untuk mencegah hal tersebut, terdapat berbagai ciri yang menjadi indikasi akurat bahwa dinamo mengalami kerusakan.

Berikut ciri-ciri dinamo starter mobil rusak seperti dilansir dari berbagai sumber :

1. Terdapat Bunyi Mendesing dan Bergemeretak

Suara ini biasanya ditimbulkan dari kaitan antara gigi-gigi yang ada di gear pinion dan gigi-gigi pada ring gear dari mesin. Ketika menemukan dua gigi pada dinamo starter rusak atau aus, pastilah akan mengeluarkan suara gemeretak ini.

Ketika suaranya semakin keras, itu pertanda kerusakan yang terjadi sudah semakin parah. Faktor lain yang sering terjadi yaitu munculnya suara yang sangat mendesing ketika mobil distarter atau mulai dihidupkan. Biasanya bunyi mendesing akan terjadi ketika bearing one way yang ada di bagian pinion gear terdapat kerusakan.

Sehingga poros armature yang seharusnya memberikan sebuah putaran untuk pinion gear dan justru berputar dengan sendirinya atau sering disebut dengan starter loss. Kondisi ini akan membuat suara menjadi sangat mendesing, namun tak ada tanda-tanda bahwa mesin akan ikut berputar.

2. Mesin Mobil Sulit Untuk Dinyalakan dalam Kondisi Panas

Ciri dinamo starter mobil rusak yang lain adalah ketika mobil sulit untuk dinyalakan dalam keadaan panas. Bila mengalami kesulitan tentu hal tersebut diakibatkan adanya resistansi kumparan yang jumlahnya semakin besar.

Apabila panas mesin telah mengenai bagian body solenoid, maka nilai tahanan yang berada di dalam kumparan akan semakin membesar.

Hal ini akan berdampak pada arus listrik yang tertahan dan sulit untuk mengalir dengan sempurna ke bagian kumparan. Pada saat arus listrik tertahan atau tersendat, maka otomatis mesin akan menjadi lebih sulit untuk dihidupkan.

3. Mobil Tak Bereaksi Saat di Starter

Kemungkinan besar penyebab kerusakannya dinamo starter ini adalah karena sekring di dinamo putus. Sekering putus biasanya akan menunjukkan bahwa saluran listrik akan konslet atau terbakar.

Kondisi ini biasanya hendak memicu munculnya sikat karbon dan gulungan tembaga yang kemungkinan besar akan terbakar.

4. Daya Aki Melemah

Ciri-ciri dinamo starter yang rusak terakhir adalah baterai mobil yang mulai lemah atau bahkan aki sudah mulai soak.

Ketika aki mobil mulai habis, sistem starter mobil akan mulai melambat dan tidak memicu sistem pengapian. Kondisi seperti ini sangat mudah dikenali karena pada saat menyalakan mobil biasanya akan muncul suara starter yang tidak normal atau terputus-putus.

Ini menunjukkan tegangan listrik tidak mencukupi atau bahkan sangat rendah.Jika hal tersebut terjadi, periksalah aki mobil karena bisa jadi sambungan aki kotor atau konslet dan habis.

Baca juga : Cara Jaga Kelistrikan Mobil Agar Sekali Starter Langsung Tokcer

Setelah memahami ciri-ciri dinamo starter mobil yang rusak, pahami segera cara mengatasinya. Berikut cara mengatasi dinamo mobil yang rusak :

1. Pemeriksaan pada Bagian Songket yang Otomatis di Dinamo Starter

- Temukanlah suatu kabel berukuran kecil yang biasanya terhubung ke bagian dinamo starter.
- Periksalah, apakah kondisi kabel kecilnya terputus atau terlepas.
- Periksa juga di bagian sekring yang terdapat di bagian relaynya. Ketika melakukan starter relay terdapat bunyi seperti klek, maka kemungkinan besar kerusakan bukan berasal dari bagian relay atau sekering.
- Bila menemukan permasalahannya terlalu parah, maka harus segera dibawa ke bengkel.

2. Periksa Kleman Kabel Aki

- Lakukan pemeriksaan pada bagian kleman kabel aki yang biasanya terdapat pada terminal yang positif dan negatif.
- Perhatikanlah berbagai bagian komponen mobil karena bisa saja ada baut yang kurang kuat atau longgar.
- Bila baut yang longgar atau kotor tidak ditemukan, maka kondisi aki mobil sedang kurang baik dan perlu penanganan pihak bengkel.

Memperbaiki dinamo starter mobil juga bisa dilakukan dengan cara menjumper aki dengan cara mendorongnya. Solusi ini hanya bisa dilakukan pada mobil gigi dan tidak bisa dilakukan pada mobil matik.

3. Periksa Kabel Aki

- Periksalah setrum mobil, apakah kabel aki bekerja dengan baik dan perbaiki apabila ada beberapa bagian yang longgar. Ketika sudah diperbaiki dan kondisinya tetap saja, maka Anda harus segera membawa mobil ke bengkel yang terdekat.
- Masalah juga bisa terjadi pada berbagai komponen lain di mobil dan masalah tersebut memerlukan perbaikan yang intensif. Pastikan pengerjaan dilakukan oleh teknisi yang sudah profesional, agar hasilnya bisa maksimal.
- Segeralah memperbaiki dinamo starter mobil saat terjadi masalah dan janganlah membiarkan kerusakan terjadi terlalu lama.

Selain berbagai cara yang sudah dijelaskan di atas, Anda juga bisa memeriksa kabel aki dengan rutin.

Kabel yang ada di mobil memberikan pengaruh yang cukup besar terhadap permasalahan suatu mobil. Pastinya dibutuhkan ketelitian yang tinggi untuk bisa melakukan pemeriksaan kabel dengan baik dan tepat.
(bim)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2012 seconds (10.55#12.26)